Pengikut

Selamat Datang di Web Log "Menulis Proposal Penelitian" Untuk bergabung dan memperoleh up-date posting silakan klik Join This site. Jika ada posting yang berguna, silakan copy dengan menyebutkan sumber. Jika ada pertanyaan, silakan isikan komentar pada kolom dibawah posting. Terimakasih

Konsep Dasar Menulis

Jumat, Agustus 01, 2008

Tulisan-tulisan di Blog ini lebih banyak untuk merespon minat dan kebutuhan akan proses penyusunan proposal dan laporan penelitian untuk kertas kerja, karya tulis ilmiah, tugas akhir, skripsi, tesis atau sejenisnya. Sekedar berbincang masalah metodologi penelitian, atau teknik penulisan proposal penelitian

Aktivitas menulis dan sebuah tulisan, merupakan salah satu ungkapan dari fikiran kita, sehingga karya tulis seseorang dapat mencerminkan pola fikiran kita. Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang seseorang tidak dapat difahami orang lain, gara-gara tulisan kita tidak efektif.

Kuncinya bahwa tulisan kita harus dibangun atas dasar jalan fikiran yang logis, dipadukan dengan kemampuan menulis yang efektif. Kedua hal merupakan masalah mendasar dalam membangun karya tulis.



Mungkin anda juga perlu baca artikel lain tentang:

  1. Konsep Dasar Menulis
  2. Langkah-langkah menulis esai
  3. Membangun Kesinambungan Ide dalam Tulisan Ilmiah
  4. Membangun Paragraf yang Dinamis
  5. Memulai Menulis
  6. Mengenali Persiapan Seputar Menulis
  7. Menulis Proposal dan Laporan Penelitian





Jika anda berminat melihat uraian lebih jauh mengenai topik ini dalam konteks manajemen sumber daya manusia, silakan berkunjung ke: Blog Membangun Kinerja

Jika ada saran-saran silakan berikan komentar di akhir posting ini, atau jika ingin berdiskusi bisa kunjungi saya di Forum Membangun Kinerja Staff.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:


Delivered by FeedBurner

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Best regards,

3 comments:

Anonymous mengatakan...

hmm bagus. mana tulisan lainnya yah

saya aun purwantoro s1 keperawatan,Variabel pengganggu yaitu variabel yang dapat mempengaruhi dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, jadi variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel,akan tetapi jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian.

Anonim mengatakan...

MENULIS INDAH DALAM JABATAN FUNGSIONAL
Menulis Indah merupakan suatu hal yang membutuhkan ketelatenan, ketekunan dan kesabaran. Keberhasilan dalam menulis mecerminkan keberhasilan mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran kita. Tidak hanya mampu mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran, namun memberi nilai seberapa banyak pengetahuan yang sudah kita peroleh. Yang bisa sebagai alat untuk mengevaluasi diri kita.
Dengan banyak menulis, semakin bertambah jumlah referensi dan literatur ilmu yang akan kita punyai. Semakin banyak hal yang akan kita baca dan kita simpan dalam benak kita.
Namun demikian hal yang perlu kita ingat bahwa apa yang kita tuangkan dalam tulisan, semestinya adalah hal yang kita ketahui dan kita pahami. Sehingga tulisan kita mempunyai makna bagi diri kita sendiri dan orang lain yang membacanya. Dan tidak menimbulkan pertanyaan dan hal yang membingungkan bagi orang lain.
Kaitannya dengan hal tersebut, sangatlah setuju dengan apa yang ditentukan oleh fungsional profesi, bahwa keberhasilan menulis merupakan salah satu aspek dalam penilaian jabatan fungsional. Apapun jabatan fungsional yang diembannya.
Untuk itu marilah kita mulai untuk tidak takut menulis, mencoba menulis. Dengan semakin sering menulis, semakin banyak kita perbaiki tulisan, dan semakin kita mendekati kesempurnaan tulisan kita.
DAN MULAILAH SAAT INI....ARUM DWI

 
 
 

Eine Sprache ist Eine Libensform

Tulisan merupakan lambang bahasa. Bahasa mengungkapan fikiran kita. Tulisan kita dapat mencerminkan apa yang ada dalam fikiran kita. Bahkan hidup kita! Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang kita tidak punya arti apa-apa. Seringkali, hanya karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ungkapkan. Itulah maknanya bahasa dan arti penting sebuah tulisan.

Temukan Saya

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya. Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Buku Tamu