Pengikut

Selamat Datang di Web Log "Menulis Proposal Penelitian" Untuk bergabung dan memperoleh up-date posting silakan klik Join This site. Jika ada posting yang berguna, silakan copy dengan menyebutkan sumber. Jika ada pertanyaan, silakan isikan komentar pada kolom dibawah posting. Terimakasih

Membangun Kesinambungan Ide dalam Tulisan Ilmiah dan laporan penelitian

Rabu, Maret 18, 2009

Kesinambungan ide merupakan faktor penting dalam sebuah tulisan. Ada banyak ide-ide besar tidak dapat dimengerti karena kesinambungannya tidak jelas. Kesinambungan ide dalam tulisan, dapat dibangun melalui pengembangan antar paragraf yang dinamis. Paragraf yang dinamis dipengaruhi oleh kepaduan makna antar kalimatnya secara koheren. Dan makna kalimat sangatlah tergantung pada ketepatan tata bahasa, diksi dan gaya bahasa, sehingga tercipta kalimat yang efektif. Pada gilirannya nanti akan dihasilkan karya tulis dan laporan penelitian yang baik.

Menciptakan kalimat efektif dalam tulisan

Hal yang satu ini seringkali diabaikan ketika menulis. Walaupun sebenarnya, kalimat itu merupakan kunci keberhasilan dari keseluruhan tulisan. Karena kalimat mencerminkan ide pokok, citarasa, etika dan tingkat kedalaman analisis seorang penulis. Pemahaman akan kalimat yang efektif sangatlah penting. Hal ini menyangkut penerapan tatabahasa, diksi dan gaya bahasa dalam tulisan.
Dalam tulisan ilmiah atau laporan penelitian, tulisan kita dipahami sebagai karya ilmiah yang menyampaikan kebenaran. Disampaikan dalam tatanan resmi disampaikan dalam langgam bahasa tulis. Olehkarena itu, ketaatan terhadap tatabahasa sangatlah mutlak. Penggunaan tanda baca, teknik penulisan, pemilihan jenis kalimat, penggunaan gaya bahasa haruslah dipahami.

Seringkali, istilah dalam bahasa percakapan/lisan dengan tanpa terasa masuk dalam bahasa tulis. Penggunaan kalimat majemuk bertingkat, sangatlah mengganggu pembaca dalam memahami ide kita. Oleh karena itu, menggunakan kalimat efektif sesuai tatabahasa menjadi pilihan yang paling bijaksana. Tidak sedikit kita jumpai paragraf dalam tulisan hanya berisi satu kalimat! Dan kalimat tersebut dapat berisi 12-25 kata.
Beberapa saran, yang mungkin dapat membantu kita menciptakan kalimat efektif adalah:

  • Gunakan maksimal 12 kata untuk satu kalimat
  • Buatlah kalimat berstruktur minimal Subyek-Predikat (S-P)
  • Hindari penggunaan kalimat majemuk
  • Pilih kata dan gaya bahasa yang resmi dan untuk bahasa tulis



Jika hal-hal di atas, sudah dapat kita lakukan, maka langkah berikutnya adalah membangun paragraf yang dinamis.



Mungkin anda juga perlu baca artikel lain tentang:

  1. Konsep Dasar Menulis
  2. Langkah-langkah menulis esai
  3. Membangun Kesinambungan Ide dalam Tulisan Ilmiah
  4. Membangun Paragraf yang Dinamis
  5. Memulai Menulis
  6. Mengenali Persiapan Seputar Menulis
  7. Menulis Proposal dan Laporan Penelitian




Jika ada saran-saran silakan berikan komentar di akhir posting ini, atau jika ingin berdiskusi bisa kunjungi saya di Forum Membangun Kinerja Staff.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:


Delivered by FeedBurner

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Best regards,
 
 
 

Eine Sprache ist Eine Libensform

Tulisan merupakan lambang bahasa. Bahasa mengungkapan fikiran kita. Tulisan kita dapat mencerminkan apa yang ada dalam fikiran kita. Bahkan hidup kita! Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang kita tidak punya arti apa-apa. Seringkali, hanya karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ungkapkan. Itulah maknanya bahasa dan arti penting sebuah tulisan.

Temukan Saya

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca biografi saya, koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Buku Tamu