Pengikut

Selamat Datang di Web Log "Menulis Proposal Penelitian" Untuk bergabung dan memperoleh up-date posting silakan klik Join This site. Jika ada posting yang berguna, silakan copy dengan menyebutkan sumber. Jika ada pertanyaan, silakan isikan komentar pada kolom dibawah posting. Terimakasih

Mengenali persiapan Menulis untuk laporan penelitian

Rabu, Maret 18, 2009

Untuk dapat menyelesaikan sebuah tulisan, terlebih tulisan ilmiah atau laporan penelitian, diperlukan persiapan sebelum menulis. Diantara persiapan tersebut, paling tidak adanya modal kedisiplinan dan mengetahui kebutuhan yang diperlukan selama proses penulisan berlangsung.

Perlu disiplin yang tinggi.

Ketika menulis, sangat mudah bagi seseorang untuk berpindah konsentrasi pada hal atau kegiatan lain, namun sangat sulit untuk kembali berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Jika sudah demikian, maka tulisan kita tak kan pernah kunjung selesai. Ada kebiasaan-kebiasaan yang baik yang dapat dilakukan sebagai persiapan, seperti: tetapkan topik, membuat outline atau kerangka, memulai dari yang mudah, membuat daftar isi dan mengelola daftar pustaka yang sesuai.

Kegiatan ritual selama menulis.

Faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan menulis adalah mengenali kegiatan ritual seputar menulis. Dalam hal ini, dapat menyangkut hal-hal: kondisi fisik ruangan, tempat menulis, tataletak dan kenyamanan, pencahayaan, peralatan pendukung, waktu prima seseorang dapat menulis.

Jika hal-hal sudah disiapkan, kita dapat memulai menuliskan daftar isi dan menuliskan kalimat-kalimat awal. Untuk sementara, biarkan ide itu mengalir, jangan hiraukan tata bahasa. Yang penting ada kesinambungan ide. Teruslah menulis dan menulis. Hal-hal yang sifatnya detil/rinci langsung ditulis dengan lengkap dan benar, dan jangan dilupakan mencatat sumber pustakanya. Karena untuk menghasilkan karya tulis ilmiah atau laporan penelitian dukungan sumber pustaka sangatlah penting.



Mungkin anda juga perlu baca artikel lain tentang:

  1. Konsep Dasar Menulis
  2. Langkah-langkah menulis esai
  3. Membangun Kesinambungan Ide dalam Tulisan Ilmiah
  4. Membangun Paragraf yang Dinamis
  5. Memulai Menulis
  6. Mengenali Persiapan Seputar Menulis
  7. Menulis Proposal dan Laporan Penelitian




Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:


Delivered by FeedBurner
Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Best regards,

4 comments:

Anonim mengatakan...

Pengembangan profesi melalui tulisan ilmiah merupakan hal yang sangat penting. Hal ini ditunjukkan dengan adanya banyak kajian-kajian atau artikel - artikel tentang berbagai profesi. Salah satunya dalam bidang kesehatan, berbagai profesi terlibat didalamnya. Misalnya untuk profesi Sanitarian, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Mantri Kakus, ternyata penulisan ilmiah juga dapat dijadikan materi untuk menaikkan angka kredit. Selain itu, dengan adanya tulisan ilmiah juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baik penulis ataupun masyarakat umum sebagai pembaca. Oleh karena itu, marilah mulai detik ini, kita tanamkan jiwa menulis dan berbagi untuk diri sendiri dan orang lain. Selain bermanfaat, semoga dapat menuai pahala dari Allah Yang Kuasa.

Maya Triana Putri

驴小布 mengatakan...

20151121 junda
canada goose uk
michael kors outlet
nike sb
soccer jerseys
cheap uggs
coach factorty outlet
jordan 8
pandora charms
nike air max uk
coach outlet
longchamp outlet
instyler max
mcm outlet
mcm outlet
nike roshe runs
polo outlet
louis vuitton outlet
nike uk
north face
coach factory outlet
louis vuitton borse
true religion jeans
ed hardy outlet
adidas shoes
christian louboutin shoes
louis vuitton outlet
michael kors outlet
mizuno running shoes
michael kors uk
ugg sale
louis vuitton outlet
gucci borse
ugg outlet
nike trainers
uggs outlet
canada gooses jackets
moncler jackets
jordan 3 infrared
coach canada outlet
cheap jordans

huangqing mengatakan...

mlb jerseys
ralph lauren outlet
swarovski crystal
prada outlet
coach outlet canada
nfl jerseys
mulberry bags
cheap nba jerseys
michael kors handbags clearance
air jordan shoes
louboutin pas cher
longchamp handbags
timberland shoes
true religion jeans
kobe shoes
burberry outlet online
fitflops shoes
pandora jewelry
polo ralph lauren
ralph lauren outlet
ralph lauren polo
football shirts
true religion outlet
coach outlet online
christian louboutin shoes
tiffany jewelry
basketball shoes,basketball sneakers,lebron james shoes,sports shoes,kobe bryant shoes,kobe sneakers,nike basketball shoes,running shoes,mens sport shoes,nike shoes
cheap mlb jerseys
rolex watches
coach outlet store
hollister shirts
ray ban sunglasses
mbt shoes
hollister uk
christian louboutin shoes
16.5.30qqqqqing

chenlina mengatakan...

chenlina20171007
air jordans
supra shoes
ray ban sunglasses uk
prada sunglasses
uggs outlet
ralph lauren outlet
north face outlet
ray ban sunglasses
coach factory outlet
cheap ugg boots

 
 
 

Eine Sprache ist Eine Libensform

Tulisan merupakan lambang bahasa. Bahasa mengungkapan fikiran kita. Tulisan kita dapat mencerminkan apa yang ada dalam fikiran kita. Bahkan hidup kita! Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang kita tidak punya arti apa-apa. Seringkali, hanya karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ungkapkan. Itulah maknanya bahasa dan arti penting sebuah tulisan.

Temukan Saya

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca biografi saya, koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Buku Tamu