Pengikut

Selamat Datang di Web Log "Menulis Proposal Penelitian" Untuk bergabung dan memperoleh up-date posting silakan klik Join This site. Jika ada posting yang berguna, silakan copy dengan menyebutkan sumber. Jika ada pertanyaan, silakan isikan komentar pada kolom dibawah posting. Terimakasih

Teknik penyajian data menggunakan tabel

Selasa, Juli 21, 2009

Tujuan penyusunan tabel dalam laporan penelitian adalah untuk mengatur dan mengelompokkan data observasi/individu/kasus, sehingga frekuensi pemunculannya dalam kelompok dapat diamati. Bentuk tabel dapat bermacam-macam, tergantung pada maksud penyajian dan kompleksitas materi, yaitu data atau informasi apa saja yang dimuat di dalamnya.
Meskipun tidak ada aturan yang baku mengenai cara penyusunan tabel, tetapi ada prinsip umum yang telah diterima secara luas. Berikut ini adalah prinsip-prinsip umum penyusunan tabel:
Tabel disusun sesederhana mungkin. Jika perlu menyusun dua atau tiga tabel lebih baik, dibandingkan menyusun sebuah tabel besar yang berisi terlalu banyak variabel dan rinciannya. Sebuah tabel sebaiknya memuat tidak lebih dari tiga variabel.
Tabel harus dapat menjelaskan sendiri (self-explanation). Untuk itu perlu diperhatikan dalam hal: (a) Penggunaan simbol, kode atau singkatan harus dijelaskan secara rinci pada catatan kaki (b) Pemberian label yang ringkas dan jelas setiap baris dan kolom (c) Pencantuman satuan nilai atau pengukuran dari data harus jelas (d) Total nilai harus ditunjukkan.
Judul tabel biasanya terpisah dengan badan tabel oleh garis atau spasi. Garis vertikal yang memisahkan kolom tidak diperlukan pada tabel kecil.
Jika data yang disajikan bukan data primer, maka sumbernya harus disebutkan pada catatan kaki.

Jika ada saran-saran silakan berikan komentar di akhir posting ini, atau jika ingin berdiskusi bisa kunjungi saya di Forum Membangun Kinerja Staff.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:


Delivered by FeedBurner

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Best regards,

2 comments:

ukhti naja mengatakan...

semakin banyak orang yang baca blog ini, insya Alloh akan ada banyak ilmuwan di negri ini

cokroaminoto mengatakan...

Terimakasih, Ukhti. Subhanallah.

 
 
 

Eine Sprache ist Eine Libensform

Tulisan merupakan lambang bahasa. Bahasa mengungkapan fikiran kita. Tulisan kita dapat mencerminkan apa yang ada dalam fikiran kita. Bahkan hidup kita! Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang kita tidak punya arti apa-apa. Seringkali, hanya karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ungkapkan. Itulah maknanya bahasa dan arti penting sebuah tulisan.

Temukan Saya

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya. Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Buku Tamu