Pengikut

Selamat Datang di Web Log "Menulis Proposal Penelitian" Untuk bergabung dan memperoleh up-date posting silakan klik Join This site. Jika ada posting yang berguna, silakan copy dengan menyebutkan sumber. Jika ada pertanyaan, silakan isikan komentar pada kolom dibawah posting. Terimakasih

Penyusunan Kerangka Teori Penelitian

Kamis, Agustus 27, 2009



Kerangka Kerja Teoritis

Kerangka kerja teoritis merupakan dasar dari keseluruhan proyek penelitian. Di dalamnya dikembangkan, diuraikan dan dielaborasi hubungan-hubungan di antara variabel-variabel yang telah diidentifikasi melalui proses pengumpulan data awal, baik wawancara atau observasi, dan juga studi literatur dalam kajian pustaka. Menurut Uma Sekaran (1984), yang dimaksud dengan “kerangka kerja teoritis adalah model konseptual yang menggambarkan hubungan di antara berbagai macam faktor yang telah diidentifikasikan sebagai sesuatu hal yang penting bagi suatu masalah.“[1]. Dengan kata lain, kerangka kerja teoritis membahas keterhubungan antar variabel yang dianggap terintegrasikan dalam dinamika situasi yang akan diteliti. Melalui pengembangan kerangka kerja konseptual, memungkinkan kita untuk menguji beberapa hubungan antar variabel, sehingga kita dapat mempunyai pemahaman yang komprehensif atas masalah yang sedang kita teliti.

Kerangka kerja teoritis yang baik, mengidentifikasikan dan menyebutkan variabel-variabel penting yang terkait dengan masalah penelitian. Secara logis menguraikan keterhubungan di antara variabel tersebut. Hubungan antara variabel independen dengan dependen, dan kalau ada, variabel moderator dan juga intervening akan dimunculkan. Hubungan tersebut tidak hanya digambarkan, melainkan juga diterangkan secara rinci. Seringkali, kerangka kerja teoritis dikenal dengan model, karena model juga merupakan representasi dari hubungan antara konsep-konsep.
    
Ada komponen dasar yang seharusnya ditampakkan dalam kerangka kerja teoritis.
1.      Variabel-variabel yang dianggap relevan untuk diteliti harus diidentifikasi secara jelas dan diberi label.
2.      Penjelasan tentang bagaimana hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya.
3.      Penjelasan sifat  hubungan antar variable tersebut, positif atau negatif.
4.      Penyertaan diagram sebagai visualisasi, agar pembaca lebih mempunyai gambaran.

Setelah masalah penelitian berhasil dirumuskan dengan baik maka langkah berikutnya adalah mengajukan hipotesis yang didasarkan dari kajian mendalam teori-teori yang relevan dengan variabel-variabel penelitian. Agar sebuah kerangka teoretis meyakinkan maka argumentasi yang disusun dalam teori-teori yang dipergunakan dalam membangun kerangka berpikir harus merupakan pilihan dari sejumlah teori yang dikuasai secara lengkap dengan mencakup perkembangan terbaru.

Disamping itu, kerangka teori juga dapat dilakukan melalui pengkajian hasil-hasil penelitian yang relevan yang telah dilakukan peneliti lainnya. Hasil penelitian orang lain yang relevan dijadikan titik tolak penelitian kita dalam mencoba melakukan pengulangan, revisi, modifikasi, dan sebagainya. Berdasarkan kajian teoretis dan hasil-hasil penelitian yang relevan, maka tahap berikutnya peneliti menyusun kerangka berpikir yang mengarahkan perumusan hipotesis.

Dengan demikian produk akhir dari proses pengkajian kerangka teoretis adalah perumusan hipotesis. Secara ringkas, langkah penyusunan kerangka teoretis dan pengajuan hipotesis dapat dibagi ke dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
  • Pengkajian mengenai teori-teori ilmiah yang akan dipergunakan dalam analisis.
  • Pembasan mengenai penelitian-penelitian lain yang relevan.
  • Penyusunan kerangka berpikir dengan mempergunakan premis-premis sebagaimana yang terkandung dalam teori dan hasil penelitian tersebut dengan menyatakan secara tersurat pernyataan, postulat, asumsi, dan prinsip yang dipergunakan.
  • Perumusan hipotesis.



[1] Uma Seakaran, Research Methods for Business, A Skill Building Approach, Second Edition, 1984 – terjemahan penulis


Jika ada saran-saran silakan berikan komentar di akhir posting ini, atau jika ingin berdiskusi bisa kunjungi saya di Forum Membangun Kinerja Staff.


Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:


Delivered by FeedBurner


Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Best regards,

24 comments:

Azril Muhammad mengatakan...

min, mohon maaf sebelumnya...
saya sedang menyusun proposal penelitian sosial dengan judul "Pengaruh Pendapatan Nelayan Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Wandoka Selatan Kecamatan Wangi-Wangi Kab. Wakatobi" tapi sedikit kesulitan untuk menentukan kerangka pemikirannya... Mohon bantuan nya admin.
thnk's

Azril Muhammad mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Cokroaminoto mengatakan...

Azril Muhammad, terimakasih. Seperti kita ketahui, bahwa kerangka kerja teoritis membahas keterhubungan antar variabel yang dianggap terintegrasikan dalam dinamika situasi yang akan diteliti. Melalui pengembangan kerangka kerja konseptual, memungkinkan kita untuk menguji beberapa hubungan antar variabel, sehingga kita dapat mempunyai pemahaman yang komprehensif atas masalah yang sedang kita teliti. Dalam hal penelitian Azril Muhammad, harus digambarkan hubungan pendapatan nelayan dengan tingkat ekonomi masyarakat. Kita dapat memulainya dengan mengidentifikasi faktor apa saja yang berhubungan dengan pendapatan nelayan; kemudian mengidentifikasi juga faktor apa saja yang berhubungan dengan tingkat ekonomi masyarakat secara teori. Dari situlah kita nanti dapat mengerti, apakah secara teori kedua variabel utama itu memiliki hubungan/ pengaruh atau tidak? Sekaligus kita akan dapat mengerti variabel luar apa saja yang mungkin dapat kita kendalikan selama proses penelitian. Demikian, semoga bermanfaat. Maaf satu komentar anda (yang ternyata kembar-Red.) saya hapus.

Bagus Ramadhani mengatakan...

terimakasih..tambah ngilmu

Cokroaminoto mengatakan...

Terimakasih kembali Gus, sudah berkunjung. Alhamdulillah jika bermanfaat..

Anonim mengatakan...

min maaf sebelumnya..
saya sedang menyusun laporan penelitian tentang : kontribusi pajak reklame terhadap PAD
Kalau boleh tau teori yg harus digunakan seperti apa yah min ?
mohon sebelumnya..

Cokroaminoto mengatakan...

Terimakasih pertanyaannya. Tinjauan teori untuk laporan penelitian anda, minimal meliputi: teori tentang pajak, pajak reklame, PAD, unsur dalam PAD, aturan besarnya pajak reklame dalam PAD dll. Semoga bermanfaat. Salam

Anonim mengatakan...

angels berkata..
mohon maaf sebelumnya,.
saya ingin melakukan penelitian tentang pengaruh pendapatan nelayan dengan tingkat pendidikan anak,,
kalau bleh sya mnta saran, teori yang cocok digunakan seperti apa y?

Hanung Puji mengatakan...

saya sedang menyusun laporan penelitian yang berjudul "pengaruh menelan flouride yang terkandung dalam pasta gigi" itu kerangka.a gimana ya?? mohon bantuan.a admin yang baik

Cokroaminoto mengatakan...

Hanung Puji, terimakasih komentarnya. Barangkali perlu diperjelas pengaruhnya terhadap apa (variabel terikatnya)? Sedikit tanya, menelan fluoride itu bagaimana mengukurnya? Bukankah menelan sedikit, sedang atau banyak itu berbeda? Semoga bermanfaat

Anonim mengatakan...

salamm..
saya akan membuat proposal penelitian tentang tingkat pemahaman masyarakat terhadap peran pemerintah dalam sosialisasi jasa keuangan, teori apa yang harus digunakan ? mohon bantuannya min...
makasih

Anonim mengatakan...

min..saya sedang menyusun penelitian :"Penerapan Layanan Dasar Bimbingan Karir Terpadu dalam Pembelajaran IPA berbasis Model 5 E (Engangement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) di kelas V SD Negeri 63 Palembang..maka bagaimana cara saya membuat kerangka berpikirnya ya min??bagan nya yang seperti apa yang cocok..mungkin bisa ditunjukkan rujukannya..dalam bentuk blog atau buku..

Aldo mengatakan...

Assalamualikum, maaf sebelumnya..
saya sedang menyusun skripsi "Penerapan pasal 170KUHP terhadap pelaku pengrusakan fasilitas umum oleh suporter bola" tapi sedikit menghadapi kesulitan dalam membuat kerangka teori yg seperti apa. mohon bantunya admin. terima kasih

krystal jung soo min mengatakan...

Anonim berkata ...
assalamualaikum, mohon maaf sebelumnya..
saya sedang menyusun skripsi mengenai :Pengaruh budget kas terhadap likuiditas" tetapi saya memiliki hambatan mengenai kerangka kerja teoritis yang digunakan..
mohon bantuannya, terima kasih ^^

Edy mengatakan...

Salam min...
mohon bantuannya.
saya sedang menulis proposal penelitian ekonomi politik media. yang mengamati tentang bagaimana arah media saat ini dan arah yang seperti apa sebenarnya yang harus diambil oleh media. Kemudian saya bingung untuk membuat kerangka teorinya. kira-kira kerangka teori itu seeri apa ya? kalau bisa dengan contohnya. terimkaasih atas bantuannya

Sumiati I. Timumun mengatakan...

Assalamu alaikum, minta solusinya gan,sy sedang menulis paper penelitian psikolinguistik, judulnya "analisis tindak tutur pada fraeky friday movie" tapi sy bingung mau nyusun kerangka teorinya, mohon bantuanya gan. terimakasih :)

Yulia Rahman mengatakan...

Assalamu'alaikum.
Sy sedang menyusun skripsi STUDI KUALITATIF KECENDERUNGAN REMAJA PUTRI MENGGUNAKAN KOSMETIK PEMUTIH WAJAH.. Namun sy bingung menyusun kerangka teori'y. Sy mengambil beberapa faktor yang akan saya bahas, yaitu alasan, faktor sosial, faktor ekonomi, efek yang didapatkan serta pengetahuan ttg kosmetik pemutih. Kira2 seperti apa kerangka teori yang bisa saya masukan?

Ud Chogan mengatakan...

Asslamualikum ?Pak apakah bisa penelitian kualitatatif tanpa menggunakan kuesioner untuk melihat dapak penegelolaan Sumberdaya Bahan galian? metode yang dipakai apa yaaa?

Ud Chogan mengatakan...

Asslamualikum ?Pak apakah bisa penelitian kualitatif tanpa menggunakan kuesioner untuk melihat dampak pengelolaan Sumberdaya Bahan galian? metode yang dipakai apa yaaa?
untuk menentukan model pengelolaan apa metode kualitatif apa yg cocok tanpa menggunakan kuesioner?

arsy mengatakan...

selamat sore pak,.
saya sedang mencoba untuk menyusun proposal dengan judul "Pengaruh minat pelanggan terhadap produk tablet berbasis android serta dampaknya terhadap penurunan minat terhadap produk laptop PC,bagaimana sya menemukan konsep teorinya pak.terimakasih

arsy mengatakan...

selamat sore pak,.
saya sedang mencoba untuk menyusun proposal dengan judul "Pengaruh minat pelanggan terhadap produk tablet berbasis android serta dampaknya terhadap penurunan minat terhadap produk laptop PC,bagaimana sya menemukan konsep teorinya pak.terimakasih

Rahadi Usman mengatakan...

Assalamualaikum..
saya sedang menyusun penulisan strategi prioritas pemeliharaan jalan dikaitkan dengan keterbatasan anggaran..mohon bantuannya kerangka teori yang harus saya tulis..terimakasih.

Cokroaminoto mengatakan...

Pembaca semua, terimakasih atas kunjungan dan pertanyaannya. Pada prinsipnya kerangka teori dalam penelitian dapat dibuat, setelah seorang peneliti melakukan tinjauan teori atau kajian pustaka. Mulainya dari mana? Cermati variabel utama penelitian. Sebut saja misalnya penelitian Arsy, paling tidak harus ada tinjauan teori minat, teori tentang komputer dan tablet dan apa pula daya tariknya produk tablet, laptop dan pc. Pada penelitian Rahadi, paling tidak harus ada tinjauan teori tentang teknik pemeliharaan jalan dan teori tentang penetapan prioritas. Dari situlah kemudian dapat diidentifikasi hubungan atau tidak adanya hubungan antara variabel2 utama penelitian secara teoritis. Rangkaian hubungan berdasarkan tinjauan teori ini biasa disebut Kerangka teoritas. Semoga bermanfaat

Cokroaminoto mengatakan...

Ud Chogan, terimakasih. Penelitian kualitatif sifatnya eksploratoris, mendalam. Sehingga biasanya menggunakan metode observasi, review dokumen, wawancara mendalam (indepth interview) atau diskusi kelompok terarah (focused group discussion). Kuesioner yang anda sebut, itu bukan metode tetapi instrumen. Dalam penelitian kualitatif ada juga menggunakan kuesioner atau daftar pertanyaan, namun sering kali pertanyaan yang digunakan adalah pertanyaan terbuka (open ended). Dengan pertanyaan terbuka memungkinkan seorang peneliti dapat menggali lebih sekedar fakta.

 
 
 

Eine Sprache ist Eine Libensform

Tulisan merupakan lambang bahasa. Bahasa mengungkapan fikiran kita. Tulisan kita dapat mencerminkan apa yang ada dalam fikiran kita. Bahkan hidup kita! Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang kita tidak punya arti apa-apa. Seringkali, hanya karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ungkapkan. Itulah maknanya bahasa dan arti penting sebuah tulisan.

Temukan Saya

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya. Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Buku Tamu