Pengikut

Selamat Datang di Web Log "Menulis Proposal Penelitian" Untuk bergabung dan memperoleh up-date posting silakan klik Join This site. Jika ada posting yang berguna, silakan copy dengan menyebutkan sumber. Jika ada pertanyaan, silakan isikan komentar pada kolom dibawah posting. Terimakasih

Manfaat mempelajari Biostatistik dalam Penyusunan Proposal Penelitian

Kamis, Februari 18, 2010

Biostatistik merupakan ilmu statistika terapan yang mengenalkan perhitungan statistik kehidupan, baik konsep dasarnya, penyajian data, pemusatan dan penyebaran data, kemiringan dan distribusinya dalam kurve normal serta konsep estimasi, sampling, uji hipotesis dan uji-uji statistik deskriptif, korelasi maupun komparasi. Hal-hal tersebut akan sangatlah berguna dalam melakukan analisis data penelitian kuantitatif.

Pada bahasan Konsep dasar statistik umum, kita akan banyak mengerti hal-hal meliputi: Pengertian statistika, Ruang lingkup statistika, Pengertian dan jenis data serta Variabel dan skala pengukuran variabel.

Bahasan tentang Manfaat dan teknik penyajian akan secara terinci tentang tahap pengumpulan, pengolahan hingga penyajian data, Jenis-jenis dan cara penyajian data secara Textular, Tabularmaupun Grafikal, Jenis table penyajian data, Cara membuat table, Menyajikan table dalam bentuk table:Tabel distribusi frekuensi, Tabel silang 2 variabel. Akan diuraikan juga penyajian data kualitatif maupun kuantitatif. Penyajian data kualitatif secara grafik: Grafik batang, Grafik gambar, Grafik pie (lingkaran), Penyajian data kuantitatif secara grafik: Histogram, poligon, Ogive, Garis, Scater plot diagram.

Bahasan ukuran pemusatan data, secara khusus membahas nilai rata-rata (mean), median, modus. Pembicaraan Nilai rata-rata akan memerinci uraian tentang Pengertian nilai rata-rata, Sifat nilai rata-rata, cara menghitung nilai rata-rata, Interpretasi hasil perhitungan nilai rata-rata.

Bahasan tentang Nilai penyebaran akan menjelaskan Pengertian nilai penyebaran, Jenis dan sifat nilai penyebaran, Cara perhitungan nilai penyebaran dan interpretasinya meliputi : Range, Minimum dan maksimum, Mean deviasi, Standar deviasi, Koefisien variasi, Decile, kuartile, dan percentile, normalitas data berdasarkan nilai Kurtosis dan skewnes.

Konsep dasar sampling akan menjelaskan Pengertian populasi dan sampel, Konsep dasar pengambilan sample, alasan pengambilan sample, cara pengambilan sampel, Bias dan sampling error, Prinsip dasar perhitungan besar sample, dan praktik bagaimana Perhitungan besar sample itu dilakukan.

Bahasan tentang cara Pengambilan sampel terdiri dari uraian yang menjelaskan Metode pengambilan sample secara random, meliputi: Unrestricted random sampling meliputi simple dan systematic random sampling, Restricted random sampling meliputi stratified, cluster dan multistage random sampling atau kombinasi, Metode pengambilan sample secara non random, meliputi: Accidental, Quota dan purposive. Sedangkan bahasan Distribusi sampling akan menjelaskan tentang Pengertian distribusi sampling, Perhitungan standar error, berdasarkan data ukur dan data hitung.

Pada bahasan Pengujian hipotesis akan dijelaskan hal-hal seputar Pengertian dan jenis hipotesis, konsep Pengujian satu sisi dan dua sisi, Teori kesalahan dalam uji hipotesis, Langkah-langkah pengujian hipotesis.

Perhitungan uji statistik akan membahas uji statistik parametrik dan non-parametrik. Pada uji statistik non-parametrik akan dijelaskan Pengertian statistik non parametrik, Dasar pemilihan dan perhitungan beberapa uji statistik non parametrik seperti: Chi square satu sample, Chi square dua sample, Koefisien kontingensi, Fisher exact test.

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Jika ada saran-saran silakan berikan komentar di akhir posting ini, atau jika ingin berdiskusi bisa kunjungi saya di Forum Membangun Kinerja Staff.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner

Best regards,

0 comments:

 
 
 

Eine Sprache ist Eine Libensform

Tulisan merupakan lambang bahasa. Bahasa mengungkapan fikiran kita. Tulisan kita dapat mencerminkan apa yang ada dalam fikiran kita. Bahkan hidup kita! Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang kita tidak punya arti apa-apa. Seringkali, hanya karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ungkapkan. Itulah maknanya bahasa dan arti penting sebuah tulisan.

Temukan Saya

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya. Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Buku Tamu