Pengikut

Selamat Datang di Web Log "Menulis Proposal Penelitian" Untuk bergabung dan memperoleh up-date posting silakan klik Join This site. Jika ada posting yang berguna, silakan copy dengan menyebutkan sumber. Jika ada pertanyaan, silakan isikan komentar pada kolom dibawah posting. Terimakasih

Variabel Pengganggu dalam penelitian

Senin, Oktober 04, 2010

Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel kongkrit. Ketiga variable, yaitu variable bebas, kontrol dan moderat tersebut dapat dimanipulasi oleh peneliti dan pengaruh ketiga varaibel tersebut dapat dilihat atau diobservasi. Lain halnya dengan variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

Tindakan Peneliti

Apa tindakan yang harus diambil peneliti untuk mengurangi efek variabel pengganggu?


Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Best regards,

497 comments:

arvieta mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.arvieta 3A B0800178

gustina mengatakan...

VARIABEL MODERATOR : adalah variabel yang mempengaruhi(memperkuat dan memperlemah)hubungan antara variabel independen dan dependen.variabel disebut juga sebagai independen ke dua. Hubungan perilaku suami dan isteri akan semakin baik (kuat) kalau mempunyai anak,dan akan semakin renggang kalau ada pihak ketiga ikut mencampuri. Disini anak adalah sebagai variabel moderator yang memperkuat hubungan,dan pihak ke tiga adalah sebagai variabel moderator yang memperlemah hubungan.hubungan motivasi dan presentasi belajar akan semakin kuat bila perasaan guru dalam menciptakan iklim belajar sangat baik,dan hubungan semakin rendah bila peranan guru kurang baik dalam menciptakan iklim belajar.gustina utami 3A B0800217

Variable penggangu fariable yang sudah diketahui sebelunya, seperti yang kita ketahui variable pengganggu bissa menperkuat ataupun memperlemah variable bebas,jika kita telah mengetahui variable pengganggu tersebut akan memperkuat variable bebas kita bisa memperkuat mengembangkan, namun jika sudah diketahui variable pengganggu tersebut dapat memperlemah variable bebas dapat dikontrol dalam analisis.

ani mengatakan...

Variabel pengganggu yaitu variabel yang dapat mempengaruhi dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, jadi menurut saya variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian.

adhitya mengatakan...

Variable pengganggu perannya atau keberadaan variabel ini hanya sebagai pengacau dari pengamatan suatu variabel utama dalam penyelidikan atau penelitian

fatiyatun mengatakan...

variable pengganggu, variable yang bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
fatiyatun nahiyah 3A B0800210

Anik Lina R mengatakan...

variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Variabel ini terjadi apabila kita menghubungkan 2 variabel(terpengaruh dan pengaruh).Misalnya A mempengaruhi C apabila ada variabel antara B sehingga terjadi 3 hubungan A dan B, B dengan C, A dengan C.

Febria Anggrainingtyas mengatakan...

Menurut saya,variable pengganggu itu variable yang mncul stlh ada vriable bebas dan terikat,variable ini bisa melemahkan dan menguatkan.

dinar mengatakan...

kenapa variabel bebas diabaikan?
karena variable pengganggu tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti. dinar binugraheni 3A B0800193

ety wu mengatakan...

variable pengganggu, variable
tersebut bersifat hipotetikal       artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak
kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel
bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable
pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi
hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan
dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel
bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti. Ety Wahyu Utari B0800208

Eka kries mengatakan...

karena variable pengganggu bersifat hipotetikal yang artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, meskipun secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi,sehingga variabel pengganggu boleh diabaikan

fitriana mengatakan...

variabel pengganggu adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi. sebaiknya dalam melakukan penelitian peneliti harus meminimalkan variabel pengganggu.

atyRatna' mengatakan...

variable pengganggu yang sifatnya dapat berpengaruh akan tetapi pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti.variabel ini sifatnya dapat memperkuat ada pula yang memperlemah variabel bebas.


variable yang mempengaruhi (bisa memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variable bebas dan variable terikat itu dsebut v. moderator.variabel ini faktornya bisa diukur, dimanipulasi, atau dipilih oleh peneliti untuk mengetahui apakah varaibel tersebut mengubah hubungan antara variable bebas dan variabel tergantung.

Za-zhou mengatakan...

zauharatul Latifah :
Tujuan penyertaan variabel pengganggu ini adalah untuk menekan kemungkinan kesalahan dalam pengambilan kesimpulan. Penelitian mengenai hubungan antara “lama waktu senggang (di rumah) dengan lama menonton televisi”, misalnya, diasumiskan akan berbeda antara suami dengan isteri. Karena itu, variabel ‘jenis kelamin’ dapat dijadikan sebagai variabel penekan/pengganggu.

dwi yogi hapsari mengatakan...

Variabel berasal dari akar kata vary (berarti: berbeda) dan able (berarti: dapat), secara harfiah kata 'variabel' dapat diartikan sebagai sesuatu yang hasilnya dapat berbeda-beda. Secara singkat, variabel adalah gejala yang menjadi fokus peneliti untuk diamati dan hasilnya dapat berbeda-beda (antar responden-Red). Tentunya banyak pengertian lain, tapi sepertinya pengertian itu sudah cukup.
Di sini akan diuraikan berbagai jenis variabel yang sering dijumpai dalam suatu penelitian. Variabel penelitian juga dapat dibedakan menjadi (1). Variabel bebas (independent variable), (2). Variabel terikat (dependent variable). Penggolongan tersebut dilakukan berdasarkan sifat hubungan antar variabel. Dalam hal ini sifat hubungannya adalah hubungan kausalitas.

Variabel bebas juga sering disebut variabel antecedent, dan variabel terikat disebut qonsequent. Variabel bebas ialah variabel yang oleh peneliti diperkirakan menjadi penyebab munculnya atau berubahnya variabel terikat. Sedang variabel terikat ialah variabel yang terjadi atau muncul atau berubah karena mendapat pengaruh atau disebabkan oleh variabel bebas. Di antara hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat tersebut terdapat variabel-variabel perantara (moderator), variabel pengganggu (intervening variable), dan variabel pengendali variabel lain (control variable).

Diana Ana.S mengatakan...

variable pengganggu merupakan variable bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

Variabel pengganggu/ distorter adalah variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung.

Diana Ana sofiah,B0800192

aulia mengatakan...

variable
pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi
hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan
dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel
bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

sri wahyuningsih mengatakan...

variabelpenganggu merupakan variable yang dapat mempengaruhi hubungan antara variable bebas dan variabel yng sedang diteliti, dapat memperkuat atau memperlemah

fatmah wijiasih mengatakan...

Variabel pengganggu (dependent variabel)adalah variabel yang faktornya di amanati dan diukur menentukan pengaruh yang di sebabkan oleh variabel bebas, sehingga peneliti harus mengesampingkan variabel pengganggu dan jangan terlalu fokus pada variabel pengganggu demi kelancaran dalam penelitian tapi juga harus bisa menyimpulkan dengan adanya variabel yang ada.

wahyu rumyani mengatakan...

Variabel Pengganggu merupakan variabel yang mengganggu, hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, merupakan variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan, sehingga tidak akan mempengaruhi variabel utama yang akan diteliti.
Contoh Variabel Pengganggu Jika kita akan melakukan penelitian untuk membandingkan kinerja bidan di rumah sakit swasta dengan rumah sakit pemerintah. Untuk penelitian ini maka perlu ditetapkan variabel pengganggunya yaitu tempat kerja, peralatan yang digunakan dan gaji yang diterima.

Endah Wartini mengatakan...

Variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Sebaiknya dalam melakukan penelitian kita harus benar-benar bisa membedakan mana yang merupakan variable terikat, bebas dan pengganggu agar penelitian berjalan sesuai dengan rencana dan kita tidak dikacaukan oleh variable pengganggu maka sebaiknya keberadaan variable pengganggu diabaikan.
ENDAH WARTINI/3C/B0700116

wahyuni mengatakan...

variable pengganggu dapat dikatakan sebagai variabel yang dapat mempengaruhi hubungan variabel yang sedang diteliti.
misalnya dalam proses pembelajaran: proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila komunikasi antara dosen dan mahasiswanya baik,dan penjelasan dari dosen dapat di mengerti dan dapat di pahami.

wafuroh mengatakan...

variable pengganggu, variable bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

Yuliana Setiawati mengatakan...

Variabel pengganggu kadang kadang hubungan negatif yang terlihat dalarn hubungan antara dua variabel tetap negatif setelah variabel ketiga dimasukkan, tetapi kadang juga berubah menjadi tidak ada hubungan atau bahkan berubah menjadi ada hubungan positif. Dapat pula terjadi, yang semula tidak ada hubungan dengan masuknya variabel ketiga menjadi ada hubungan posifif.
Jika hasil analisis awal menunjukkan tidak ada hubungan antara dua variabel tetapi ketika variabel ketiga dimasukkan sebagai variabel kontrol, hubugan Itu menjadl nampak, maka dalam kasus seperti ini variabel ketiga yang dikontrol tersebut disebut variabel penekan (suppressor variable).
Akan tetapi masuknya variabel ketiga dalam analisis bubungan antara dua variabel juga dapat memberikan hasil yang berlawanan dengan analisis awal (hanya dua variabel). Dalam analisis awal terdapat hubungan negatif antara dua variabel, tetapi setelah rnemasukkan variabel ketiga sebagai variabel kontrol hubungan tersebut menjadi positif. Dalam kasus sepeti ini variabel ketiga disebut variabel pengganggu atau variabel distorter.Yuliana Setiawati/3c/B0800303.

yeni tri astuti mengatakan...

* Variabel pengganggu/ distorter adalah variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung
* Contoh: Hipotesis: akseptor KB ekonomi lemah akan lebih banyak daripada ekonomi tinggi →ternyata hipotesis tersebut salah, hal ini disebabkan ada variabel pengganggu yaitu variabel status pekerjaan: PNS dan Non PNS → ternyata hipotesis tsb benar pada pegawai non PNS
yeni.ta 3C B0800302

supri haryanti mengatakan...

penulis jangan terlalu fokus pada variable pengganggu karena variable pengganggu terkadang banyak negatifnya darp pada positifnya

woro palupi mengatakan...

variabel penggangu adalah variabel yang dapat mempengaruhin hasil atau hubungan dari variabel bebas dan tergantung yang diteliti, tetapi tidak begitu terlihat pengaruhnya. jadi agar penelitian tidak berubah hasilnya sebaiknya peneliti tidak terpengaruh pada variabel penggangu melainkan terfokus pada variabel-variabel yang ditelitinya.
(woro palupi, 3C, B0800300)

uswatun hasanah mengatakan...

variabel pengganggu merupakan variabel yang mengganggu variabel bebas dan variabel kontrol. dimana kedua variabel tersebut sangat mudah dimanipulasi oleh peneliti. oleh karena itu untuk mengurangi pengaruh variabel pengganggu maka peneliti tidak memanipulasi data.

Anonim mengatakan...

variable pengganggu memang kadang membingungkan peneliti.xlo menurut saya jika suatu penelitian menghadapi veriabel pengganggu adalah dengan mengontrol variabel pengganggu itu sendiri langkah nya dapat
dimulai sejak menyatakan kerangka konsep, memilih desain penelitian dan akhirnya analisis data.seringkali tidak dapat dilakukan pengontrolan melalui desain penelitian sehingga
langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah menggunakan analisis statistik.

siti syarofah mengatakan...

Variabel Pengganggu merupakan variabel yang dapat memperkuat dan memperlemah data,Terjadi apabila kita menghubungkan dua variabel (pengaruh dan terpengaruh), misalnya A mempengaruhi C apabila ada variabel antara B sehingga terjadi tiga hubungan A dengan B, B dengan C, serta A dengan C. Dengan kebiasaan membaca menunjukkan hubungan positif dengan umur, mungkin tinggi umur seorang makin banyak kebiasaan membacanya. Ini hanya terjadi pada variabel antara, yaitu pendidikan. Seorang lanjut usia yang tidak sekolah, tidak akan lebih membaca, dibandingkan seorang pemuda

uun dwi okta maulasari mengatakan...

Emm...variable pengganggu memang kadang membingungkan peneliti.xlo menurut saya jika suatu penelitian menghadapi veriabel pengganggu adalah dengan mengontrol variabel pengganggu itu sendiri langkah nya dapat
dimulai sejak menyatakan kerangka konsep, memilih desain penelitian dan akhirnya analisis data.seringkali tidak dapat dilakukan pengontrolan melalui desain penelitian sehingga
langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah menggunakan analisis statistik.

titin fermawati mengatakan...

langkah langkah agar variable pengganggu tidak dapat mempengaruhi hubungan yang dikehendaki yaitu dengan cara: melakukan pengontrolan melalui desain penelitian yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan analisis statistik. salah satu analisis tatistik yang dapat digunakan adalah analisis kovarians (ankova). analisis kovarian merupakan gabungan analisis varian dan analisis regresi.

syaidah rohmah mengatakan...

Variabel pengganggu merupakan variabel yang mempengaruhi variabel bebas dan variabel terikat. Jadi sebagai peneliti jangan terlalu fokus pada varibel pengganggu atau juga varibel pengganggu diabaikan saja.

YUYUN ESTRIYANA mengatakan...

Variabel pengganggu adalah variabel yang dapat mengganggu dan mempengaruhi variabel utama (variabel bebaas dan variabel moderat.
contohnya :
jika mahasiswa tertarik
terhadap tugas yang diberikan oleh dosen, maka hasilnya akan baik. Besar
kecilnya kinerja dipengaruhi oleh minat; sekalipun demikian hasil akhir
pengerjaan tugas tersebut dipengaruhi oleh factor mahasiswa belajar atau tidak
terlebih dahulu dalam mengerjakan tugas tersebut. Dengan minat yang tinggi
dan persiapan belajar yang baik, maka kinerjanya akan semakin besar.

Wiwit Prasetya A mengatakan...

(Moderate variable)Variabel moderat adalah variable bebas kedua yang sengaja dipilih oleh peneliti
untuk menentukan apakah kehadirannya berpengaruh terhadap hubungan
antara variable bebas pertama dan variable tergantung.
Jadi, bisa aja variable moderat itu mendukung dari variabel bebas pertama dan bisa juga sama sekali tidak dibutuhkan>>>>>>>> Wi2t_Prasetya A (B0800298)

ulfa kamaliyah mengatakan...

variabel pengganggu mrupakan variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti. danCara untuk mengatasi variabel pengganggu adalah dengan cara mencocokan variasi kelompok atau mengambil karakteristik yang mengacaukan dan sengaja menyebarkan variabel pengganggu pada kelompok sampel.

taufian mengatakan...

variable pengganggu dapat memperlemah ataupun memperkuat variabel bebas

umi lestari mengatakan...

Variable penggangu adalah variable yang mempengaruhi antara variable bebas dan terikat, sehingga variable pengganggu hanya dibaikan meskipun ditampilkan saja dalam karya tulis ilmiah.

uni andriani mengatakan...

variabel penggangu adalah variabel yang dapat mempengaruhi keberadaan variabel dependent dan independent.

variabel pengganggu ini sebaiknya dipilah-pilah mana yang seharusnya digunakan dan mana yang seharusnya diabaikan karena jika tidak akan mengganggu keberadaan variabel dependent dan independent. uni 3c B0800287

siti romelah mengatakan...

Variabel adalah konsep yang mempunyai variasi nilai, atau mempunyai lebih dari satu nilai, keadaan, kategori atau kondisi. Variabel dapat juga dikatakan sebagai suatu pengelompokan yang logik dari dua atau lebih atribut.
Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel kongkrit. Ketiga variable, yaitu variable bebas, kontrol dan moderat tersebut dapat dimanipulasi oleh peneliti dan pengaruh ketiga varaibel tersebut dapat dilihat atau diobservasi. Lain halnya dengan variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
variabel pengganggu dapat diartikan juga sebagai distorter adalah variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung.
siti romelah, 3C, B0800267

Melisa Dwi Afrinta mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Melisa Dwi Afrinta mengatakan...

Variable pengganggu tersebut hendaknya disamakan terlebih dahulu.
Misalnya dengan judul pengaruh senam hamil terhadap kekuatan mengejan ibu pada persalinan kala 2. Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kekuatan mengejan ibu, diantaranya adalah usia, paritas, nutrisi, pola aktivitas, dll. Usia, paritas, nutrisi, pola aktivitas, dll tsb adalah contoh variabel yang dapat mengganggu peneliti. Untuk mengatasinya variable tersebut hendaknya disamakan kriterianya. Misal usia ibu diasamakan menjadi 20-35 tahun, kemudian paritas disamakan menjadi P0 (belum pernah melahirkan sebelumnya), dst. Dengan demikian efek variable penggangu dapat diminimalkan.
By Melisa Dwi Afrinta/3B/B0800237

sutri arliah mengatakan...

Sutri Arliah
variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
jd menurut saya variabel pengganggu tetap dicantumkan tetapi yang sekiranya memperkuat itulah yang dbahas dan dikembangkan dalam penelitian, sdangkan yang memperlemah jangan dibahas.sutri arliah 3C/B0800275

rianawati mengatakan...

Variabel pengganggu dapat mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, oleh karena itu untuk memperkecil pengaruh yang ditimbulkan, peneliti harus membuat persamaan terlebih dahulu misalkan pada penelitian tentang hubungan jenis aktifitas ibu hamil dengan kelancaran proses persalinan, disini dapat disebutkan bahwa variabel bebasnya jenis aktifitas, variabel terikatnya kelancaran persalinan, yang dapat menjadi variabel pengganggu diantaranya: status gizi ibu,penyakit penyerta, paritas (ibu melahirkan yang keberapa), disini peneliti dapat menyamakan kriterianya yaitu ibu hamil dengan status gizi yang baik,(ukuran lingkar lengan atasya lebih dari 23,5cm, ibu hamil tidak punya penyakit penyerta. ibu yang baru hamil 1 kali (primipara).
Rianawati/ B0800254/III B

rina romadona mengatakan...

variabel pengganggu adalah variabel yang dapat mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Dalam hal ini yang dilakukan peneliti adalah menyamakan kriteria pada sampel yang digunakan dalam penelitian. Misalkan hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan ibu memriksakan kehamilannya. Variabel bebasnya adalah tingkat pengetahuan ibu. Variabel terikatnya kepatuhan memeriksakan kehamilan. Variabel pengganggu contohnya tingkat ekonomi, budaya. peneliti harus menyamakan kriterianya yaitu ibu hamil pada kalangan ekonomi sedang dan ibu hamil yang tidak percaya dengan mitos - mitos tentang kehamilan, persalinan dan nifas.
rina romadona / B0800255 / III B

Anonim mengatakan...

Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel kongkrit. Ketiga variable, yaitu variable bebas, kontrol dan moderat tersebut dapat dimanipulasi oleh peneliti dan pengaruh ketiga varaibel tersebut dapat dilihat atau diobservasi. Lain halnya dengan variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
jadi yang harus dilakukan adalah pandai-pandainya kita dalam memasukkan data dan mengolah data jangan sampai antara variabel bebas dan terikat menjadi tidak sinkron.
Ika Damayanti 3B B0800223

ika damayanti mengatakan...

Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel kongkrit. Ketiga variable, yaitu variable bebas, kontrol dan moderat tersebut dapat dimanipulasi oleh peneliti dan pengaruh ketiga varaibel tersebut dapat dilihat atau diobservasi. Lain halnya dengan variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
jadi yang harus dilakukan adalah pandai-pandainya kita dalam memasukkan data dan mengolah data jangan sampai antara variabel bebas dan terikat menjadi tidak sinkron.
Ika Damayanti 3B B0800223

inayah hanum mengatakan...

Variabel penggaggu merupakan variabel yang menghubungkan 2 variabel, sifatnya bisa menguatkkan dan melemahkan. jadi peneliti sebaiknya cara yang mungkin dapat kita lakukan untuk mengontrol variabel pengganggu adalah dengan membandingkan mereka dengan grup yang bervariasi dengan karakteristik bauran dan membaurkan mereka diantara kelompok-kelompok. Atau cara lain yang lebih aman adalah dengan melakukan pengacakan atau randomisasi.


INAYAH HANUM / B0800224 / 3B

NASRIFAH mengatakan...

variable pengganggu, variable
tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak
kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel
bebas dan tergantung yang sedang diteliti. tindakan peneliti untuk menguragi efek dari variabel itu sendiri adalah bisa dengan berusaha memperkecil kemungkinan efek variabel tersebut, dan memperkuat variabel bebas dan terikat.peneliti harus secara jeli mengolah data yang ada.peneliti juga harus memperkiran lebih dalam lagi apa saja yang menjadi penggangu dalam penelitiannya sehingga tidak berpengaruh menonjol dalam penilian yang sedang dilakukan.
NASRIFAH/3B/V

Nuni Ratnasari mengatakan...

variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi
hubungan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan
dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Contoh:
Hipotesis: Jika minat terhadap tugas meningkat, maka kinerja mengerjakan tugas tersebut akan semakin meningkat
Variabel bebas: minat terhadap tugas.
Variabel tergantung: kinerja dalam mengerjakan tugas.
Variabel penganggu: proses belajar.
Keterangan kasus di atas adalah sebagai berikut jika mahasiswa tertarik terhadap tugas yang diberikan oleh dosen, maka hasilnya akan baik. Besar
kecilnya kinerja dipengaruhi oleh minat; sekalipun demikian hasil akhir pengerjaan tugas tersebut dipengaruhi oleh faktor mahasiswa belajar atau tidak terlebih dahulu dalam mengerjakan tugas tersebut. Dengan minat yang tinggi
dan persiapan belajar yang baik, maka kinerjanya akan semakin besar.

lilis charolina mengatakan...

variabel pengganggu adalah variabel yang yang bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak
kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel.
bebas dan tergantung yang sedang diteliti. tindakan peneliti untuk menguragi efek dari variabel itu sendiri adalah bisa dengan berusaha memperkecil kemungkinan efek variabel tersebut, dan memperkuat variabel bebas dan terikat.Dalam analisis awal terdapat hubungan negatif antara dua variabel, tetapi setelah rnemasukkan variabel ketiga sebagai variabel kontrol hubungan tersebut menjadi positif. Dalam kasus sepeti ini variabel ketiga disebut variabel pengganggu atau variabel.lilis 3B Bo800233

Ida Muntolingah mengatakan...

Variabel pengganggu adalah variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung
Contoh:
Hipotesis: akseptor KB ekonomi lemah akan lebih banyak daripada ekonomi tinggi → ternyata hipotesis tersebut salah, hal ini disebabkan ada variabel pengganggu yaitu variabel status pekerjaan: PNS dan Non PNS → ternyata hipotesis tsb benar pada pegawai non PNS.
Ida Muntolingah/3B(B0800222)

Intan Deviana mengatakan...

Yang harus dilakukan peneliti untuk mengurangi efek variabel penggangu adalah tergantung dari variabel terikat dan bebasnya. Dalam hal ini peneliti harus mengetahui sejauh mana efek variabel penggangu dlm mempengaruhi var.bebas dan var.terikat, sehingga peneliti dapat memilah milah, mengolah serta mengkontrol data dalam variabel penggangu.Misalnya variabel penggangu budaya,budaya bersifat alamiah trhdp responden, sehingga peneliti harus meminimalkan penelitian yang berhubungan dengan budaya,dapat dngn cara mengajak kerja sama dengan tokoh masyarakat sehingga peneliti dapat dengan mudah merubah budaya tersebut.

Lia Purnamasari mengatakan...

Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel kongkrit. Ketiga variable, yaitu variable bebas, kontrol dan moderat tersebut dapat dimanipulasi oleh peneliti dan pengaruh ketiga varaibel tersebut dapat dilihat atau diobservasi. Lain halnya dengan variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti.Variabel bebas juga sering disebut variabel antecedent, dan variabel terikat disebut qonsequent. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

peneliti harus secara teliti mengolah data yang ada.peneliti juga harus memperkiran lebih dalam lagi apa saja yang menjadi penggangu dalam penelitiannya sehingga tidak berpengaruh besar terhadap dalam penilian yang sedang dilakukan. Lia purnamasari 3B BO800232

Lia Purnamasari mengatakan...

Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel kongkrit. Ketiga variable, yaitu variable bebas, kontrol dan moderat tersebut dapat dimanipulasi oleh peneliti dan pengaruh ketiga varaibel tersebut dapat dilihat atau diobservasi. Lain halnya dengan variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti.Variabel bebas juga sering disebut variabel antecedent, dan variabel terikat disebut qonsequent. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Peneliti harus secara teliti mengolah data yang ada.peneliti juga harus memperkiran lebih dalam lagi apa saja yang menjadi penggangu dalam penelitiannya sehingga tidak berpengaruh besar terhadap dalam penilian yang sedang dilakukan. Lia purnamasari 3B BO800232

Anonim mengatakan...

Variabel Pengganggu adalah variabel yang mengganggu variabel bebas dan variabel kontrol dimana kedua variabel tersebut sangat gampang dimanipulasi oleh peneliti. oleh itu untuk mengurangi pengaruh variabel pengganggu maka peneliti tidak boleh memenipulasi data.

Ririn Dwi .i. mengatakan...

variabel yang mengganggu variabel bebas dan variabel kontrol di mana kedua variabel tersebut sangat gampang di manipulasi oleh peneliti itu untuk mengurangi pengaruh variabel pengganggu maka peneliti tidak boleh memapulasi data.
Ririn Dwi. I. 3B Nim:B0800257

Indah Maili F mengatakan...

Variabel pengganggu yang sifatnya dapat berpengaruh akan tetapi pengaruhnya tidak kelihatan tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan tergantung yang sedang di teliti. Variabel ini sifatnya dapat memperkuat adapula yang memperlemah variabel bebas
Indah Maili .F. 3B
nIM: B0800226

irma mengatakan...

Variabel pengganggu (intervening variabel)

Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel
kongkrit. Ketiga variable, yaitu variable bebas, kontrol dan moderat tersebut
dapat dimanipulasi oleh peneliti dan pengaruh ketiga varaibel tersebut dapat
dilihat atau diobservasi. Lain halnya dengan variable pengganggu, variable
tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak
kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel
bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable
pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi
hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan
dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel
bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

IRMA KAMALIA.C (B0800228)

Khurnia fitriani mengatakan...

variabel pengganggu merupakan variabel yang bersifat kongkrit. oleh karena itu variabel pengganggu dapat mempengaruhi 2 variabel yaitu variabel bebas dan terikat.
jadi yang harus dilakukan adalah tidak memfokuskan variabel penggangu tapi tidak meninggalkan dari kasus yang sedang di teliti.

B0800231 (3B)

Lulu Eka Purwanti mengatakan...

Menurut saya, variabel pengganggu adalah variabel perancu yaitu yang mempengaruhi hubungan variabel lain. Variael pengganggu dapat memperlemah dapat pula memperkuat variabel lain. Variabel pengganggu biasanya ditemukan diakhir/ kesimpulan. Karena, variabel pengganggu tidak dapat diteliti, diukur, dan juga tidak dapat diketahui dengan pasti. Untuk mengurangi efek dari variabel pengganggu, sebaiknya peneliti dalam melakukan penelitian selain meneliti variabel bebas, juga selalu mempertimbangkan faktor-faktor sekitar/faktor lain yang diduga dapat menjadi pemicu terjadinya variabel terikat. Dan biasanya dapat diketahui dengan berpedoman pada teori agar dapat mengurangi efek dari variabel pengganggu. Contoh: Hubungan gizi dengan kelancaran ASI. Variabel bebas =Gizi ibu, variabel terikat: kelancaran ASI, variabel pengganggu: psikologis ibu, daya hisap bayi, masase payudara.

wiwit suprapti mengatakan...

menurut saya:
variabel pengganggu merupakan variabel yang mengganggu variabel bebas dan terikat,sebaiknya bagi peneliti jangan terlalu terfokus pada variabel pengganggu tetapi juga jangan terlalu mengabaikan variabel pengganggu karena variabel pengganggu juga mempunyai peran dalam hasil penelitian.

umiee sal mengatakan...

Variabel pengganggu/ distorter adalah variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung. langkah yang di ambil Untuk mengurangi efek variabel pengganggu tsb bisa dimulai sejak menyatakan kerangka konsep, memilih desain penelitian,dan akhirnya analisis data.secara praktis seringkali memang tidak dapat dilakukan pengontrolan melalui desain penelitian sehingga langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah menggunakan analisis statistik. umi salamah B0800285 3c DIII Kebidanan

Anonim mengatakan...

Variable adalah konsep yang lebih konkrit sehingga mempunyai nilai yang bervariasi dari waktu ke waktu atau dari satu tempat ke tempat lain serta ia bisa diukur. Lain halnya dengan variable pengganggu, variable
tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak
kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel
bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, Variabel pengganggu/distorter/intervening variable adalah variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung tetapi variabel ini tidak dapat dilihat, diukur, dan
dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel
bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti. Untuk mengurangi efeknya maka variabel berada diluar kendali peneliti tidak dapat mempengaruhi hubungan yang dikehendaki tergantung langkah yang di ambil bisa dimulai sejak menyatakan kerangka konsep, memilih desain penelitian, dan akhirnya analisis data.
Secara praktis seringkali tidak dapat dilakukan pengontrolan melalui desain penelitian sehingga langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah menggunakan analisis statistik. Salah satu analisis statistik yang dapat digunakan untuk mengontrol variabel pengganggu tersebut adalah analisis kovarians ( Ankova ). Mufti Diyah B0800241 B DIII Kebidanan

SUNARTI mengatakan...

Menurut saya variabel pengganggu merupakan variabel yang mungkin dapat mempengaruhi varibel bebas dan terikat yang sedang peneliti teliti,oleh karena itu kita lihat dulu apakah variabel pengganggu ini dapat memperkuat 2 variabel tersebut atau malah bisa melemahkan 2 variabel itu.
jadi peneliti harus menyimpulkan dahulu pengaruh variabel pengganggu tersebut.SUNARTI 3C B0800272

siti nurfadlillah mengatakan...

assalamualaikum wr.wb
variabel pengganggu yang mempengaruhi variabel bebas dan variabel trikat, menurut saya tindakan peneliti pada variabel pengganggu yaitu : dalam melakukan penelitian variabel pengganggu variabel yang harus dikaji, dan sebagai bahan agar peneliti harus lebih teliti.
wassalamualaikum wr. wb

RIA ANZANI mengatakan...

tindakan peneliti untuk menghilangkan pengaruh dari variabel pengganggu adalah dengan analisa kovarian atau anakova
RIA ANZANI PR/ III B/ V/ B0800253

Vita swastiwidyaningrum mengatakan...

Yang perlu dilakukan untuk menjadi yakin tentang hubungan yang ada adalah mengontrol agar variabel pengganggu (‘confounding’) tidak dapat mempengaruhi hubungan yang dikehendaki, langkah tersebut dapat dimulai sejak menyatakan kerangka konsep, memilih desain penelitian dan akhirnya analisis data

wuri wulandari mengatakan...

menurut saya:
variabel pengganggu tetap dicantumkan dalam kerangka konsep, akan tetapi dalam proses selanjutnya diabaikan supaya tidak mempengaruhi titik fokus yang menjadi tujuan kita (wuri wulandari)

w.indahs mengatakan...

variabel penggangu yaitu variabel yang secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihan tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan tergantung yang seddang diteliti.wahyuni indah s 3c B0800297

Septi Nur TIa Ningsih mengatakan...

menurut saya Variabel merupakan data yang tergantung/ akibat / terpengaruh/ dependen = variabel yang dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel pengganggu adalah variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung. maka yang harus dilakukan seorang peneliti yaitu dapat membuat variabel saling berkaitan satu sama lain.

RINI APRIYANTI mengatakan...

rini
variabel pengganggu adalah variabel yang bersifat hipotetikal yang berarti secarakongkrit pengaruhnya tidak kelihatan tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan tergantung yang sedang diteliti oleh sang peneliti.jadi variabel pengganggu tersebut secara teoritis dapat mempengaruhi variabel yang sedang di teliti tetapi tidak dapat dilihat,diukur, dan dimanipulasi.variabel tersebut tidak bisa dipisahkan karena merupakan satu kesatuan dengan variabel yang lain.jadi peneliti harus sangat teliti dalam melihat variabel pengganggu dari variabel yang lainnya yang dijadikan objek penelitian oleh sang peneliti. RINI APRIYANTI B0800256

Risqi Gupitasari mengatakan...

Variabel pengganggu adalah variabel yang dapat mempengaruhi atau dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat,jadi menurut saya variabel ini harus ada dalam suatu penelitian guna memperkuat penelitian tersebut namun didalam pembahasan metodologi penelitian tidak usah dijelaskan lebih lanjut.
Risqi Gupitasari 3B B0800258

Anonim mengatakan...

variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Menurut saya variabel ini harus ada dalam suatu penelitian karena bersifat memperkuat terhadap penelitian yang sedang dilakukan namun didalam pembahasan tidak perlu dijelaskan lebih lanjut.
Roesiana Indah 3B B0800260

Roesiana Indah mengatakan...

variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Menurut saya variabel ini harus ada dalam suatu penelitian karena bersifat memperkuat terhadap penelitian yang sedang dilakukan namun didalam pembahasan tidak perlu dijelaskan lebih lanjut.
Roesiana Indah 3B B0800260

Meliyana Puspitasari mengatakan...

Variabel pengganggu merupakan variabel yang dapat mempengaruhi dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, jadi menurut saya variabel penganggu dalam penelitian dapat di kembangkan namun tergantung,jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian.
Meliyana Puspitasari 3B B0800238

Melya Nopiyati mengatakan...

variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Contoh:
Hipotesa: Jika minat terhadap tugas meningkat, maka kinerja mengerjakan tugas tersebut akan semakin meningkat
• Variabel bebas: minat terhadap tugas
• Variabel tergantung: kinerja dalam mengerjakan tugas
• Variabel penganggu: proses belajar

Anonim mengatakan...

Variabel pengganggu adalah variabel yang peneliti gagal untuk mengendalikan, atau menghilangkan, merusak validitas internal dari eksperimen. Sebuah variabel pengganggu, juga dikenal sebagai variabel ketiga atau sebuah variabel mediator, dapat mempengaruhi hubungan antara variabel independen dan variabel dependen . Hal ini dapat menyebabkan peneliti untuk menganalisis hasil salah. Untuk meminimalisir adanya varisbel pengganggu dengan sebuah rencana rancangan percobaan , dan cek konstan, akan menyaring variabel perancu atau pengganggu terburuk. Misalnya, mengacak kelompok, menggunakan kontrol yang ketat, dan suara operasionalisasi praktek semua berkontribusi untuk menghilangkan variabel ketiga potensial atau variabel pengganggu.Untuk itu harus benar-benar meneliti dan membedakan antar variabel bebas, terikat dan variabel pengganggu.
Inayah Nugraeni 3B B0800225

inayah nugraeni mengatakan...

Variabel pengganggu adalah variabel yang peneliti gagal untuk mengendalikan, atau menghilangkan, merusak validitas internal dari eksperimen. Sebuah variabel pengganggu, juga dikenal sebagai variabel ketiga atau sebuah variabel mediator, dapat mempengaruhi hubungan antara variabel independen dan variabel dependen . Hal ini dapat menyebabkan peneliti untuk menganalisis hasil salah. Untuk meminimalisir adanya varisbel pengganggu dengan sebuah rencana rancangan percobaan , dan cek konstan, akan menyaring variabel perancu atau pengganggu terburuk. Misalnya, mengacak kelompok, menggunakan kontrol yang ketat, dan suara operasionalisasi praktek semua berkontribusi untuk menghilangkan variabel ketiga potensial atau variabel pengganggu.Untuk itu harus benar-benar meneliti dan membedakan antar variabel bebas, terikat dan variabel pengganggu.
Inayah Nugraeni 3B B0800225

sherhen rhegina melay mengatakan...

variable pengganggu, variable yang bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti.jadi menurut saya fariable pengganggu itu bisa menguatkan dan melemahkan.

Ratna Tri Utami mengatakan...

variable pengganggu, variable yang bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan,variabel penggangu adalah variabel yang dapat mempengaruhin hasil atau hubungan dari variabel bebas dan tergantung yang diteliti, tetapi tidak begitu terlihat pengaruhnya. jadi peneliti tidak perlu membuang variabel pengganggu,tetapi peneliti sebaiknya lebih terfokus pada veriabel bebas dan terikat yang ditelitinya.
ratna tri utami 3B B0800251.

Istikomah mengatakan...

variable pengganggu, variable
tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak
kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel
bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable
pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi
hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan
dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel
bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti. Istikomah 3B B0800230.

Rizki Oktaviani mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti,menurut saya variabel pengganggu berpengaruh akan tetapi pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti.variabel ini sifatnya dapat memperkuat ada pula yang memperlemah variabel bebas.
Rizki Oktaviani P 3B BO800259.

Linda Wahyu Setiani mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang.linda wahyu setyani 3B BO800234

desi ayu tri maharani mengatakan...

variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi.
jadi peneliti sebaiknya cara yang mungkin dapat kita lakukan untuk mengontrol variabel pengganggu adalah dengan membandingkan mereka dengan grup yang bervariasi dengan karakteristik bauran dan membaurkan mereka diantara kelompok-kelompok. Atau cara lain yang lebih aman adalah dengan melakukan pengacakan atau randomisasi.

citra manggi angestu 3A mengatakan...

variable pengganggu dapat dikatakan sebagai variabel yang dapat mempengaruhi hubungan variabel yang sedang diteliti.
misalnya dalam proses pembelajaran: proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila komunikasi antara dosen dan mahasiswanya.
karena variable pengganggu bersifat hipotetikal yang artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, meskipun secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi,sehingga variabel pengganggu boleh diabaikan

citra norma mengatakan...

Variabel pengganggu kadang kadang hubungan negatif yang terlihat dalarn hubungan antara dua variabel tetap negatif setelah variabel ketiga dimasukkan, tetapi kadang juga berubah menjadi tidak ada hubungan atau bahkan berubah menjadi ada hubungan positif. Dapat pula terjadi, yang semula tidak ada hubungan dengan masuknya variabel ketiga menjadi ada hubungan posifif.
Jika hasil analisis awal menunjukkan tidak ada hubungan antara dua variabel tetapi ketika variabel ketiga dimasukkan sebagai variabel kontrol, hubugan Itu menjadl nampak, maka dalam kasus seperti ini variabel ketiga yang dikontrol tersebut disebut variabel penekan (suppressor variable).

deby kurnia utami mengatakan...

Variable Pengganggu adalah variabel yang sama sekali berada diluar kendali peneliti. Dalam ekometrik variable ini disebut eror term. Oleh karena itu, variable pengganggu tidak mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan
dimanipulasi.
Pengaruh dari vaeiabel itu sendiri harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel
bebas dan variabel moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Contoh:
Hipotesis: Jika minat terhadap tugas meningkat, maka kinerja mengerjakan tugas tersebut akan semakin meningkat.
Deby Kurnia Utami 3A B0800184

prubo mengatakan...

variable pengganggu, bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Contoh:
Hipotesa: Jika minat terhadap tugas meningkat, maka kinerja mengerjakan tugas tersebut akan semakin meningkat
• Variabel bebas: minat terhadap tugas
• Variabel tergantung: kinerja dalam mengerjakan tugas
• Variabel penganggu: proses belajar
Keterangan kasus di atas adalah sebagai berikut jika mahasiswa tertarik terhadap tugas yang diberikan oleh dosen, maka hasilnya akan baik. Besar kecilnya kinerja dipengaruhi oleh minat; sekalipun demikian hasil akhir pengerjaan tugas tersebut dipengaruhi oleh factor mahasiswa belajar atau tidak terlebih dahulu dalam mengerjakan tugas tersebut. Dengan minat yang tinggi dan persiapan belajar yang baik, maka kinerjanya akan semakin besar.
Contoh 2:
Hipotesa: Layanan yang baik mempengaruhi kepuasan pelanggan
• Variabel bebas: layanan yang baik
• Variabel tergantung: kepuasan pelanggan
• Variabel pengganggu: kualitas jasa / produk
Pada umumnya layanan yang baik akan memberikan kepuasan yang tinggi terhadap pelanggan; sekalipun demikian kualitas jasa akan mempengaruhi hubungan variabel layanan dengan variabel kepuasan. Layanan baik belum tentu memberikan kepuasan kepada pelanggan jika kualitas jasanya atau produknya rendah. Misalnya sebuah toko sepatu memberikan layanan yang baik kepada pelanggannnya. Ketika seorang pembeli mengetahui bahwa sepatunya sobek pada bagian tertentu maka tingkat kepuasannya akan turun.
prubo siswati/3B/B0800249

Mifath shiva unnurul mengatakan...

Variable pengganggu bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Cara mengurangi variable pengganggu menurut pendapat saya dengan menentukan kriteria inklusi yaitu kriteria dimana subyek penelitianmewakili sampel penelitian yang memenuhi syarat sebagai sampel.
misalnya: hanya ibu primipara yang diteliti dalam penelitian.

puput setyorini / 3B mengatakan...

menurut saya, variabel pengganggu dapat dikendalikan oleh peneliti, misalnya dengan tidak memilih sample yang memiliki perbedaan yang menjadi kreteria variabel pengganggu....

sriyati mengatakan...

Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel kongkrit. Ketiga variable, yaitu variable bebas, kontrol dan moderat tersebut dapat dimanipulasi oleh peneliti dan pengaruh ketiga varaibel tersebut dapat dilihat atau diobservasi. Lain halnya dengan variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

Contoh:

Hipotesa: Jika minat terhadap tugas meningkat, maka kinerja mengerjakan tugas tersebut akan semakin meningkat

*

Variabel bebas: minat terhadap tugas
*

Variabel tergantung: kinerja dalam mengerjakan tugas
*

Variabel penganggu: proses belajar

Keterangan kasus di atas adalah sebagai berikut jika mahasiswa tertarik terhadap tugas yang diberikan oleh dosen, maka hasilnya akan baik. Besar kecilnya kinerja dipengaruhi oleh minat; sekalipun demikian hasil akhir pengerjaan tugas tersebut dipengaruhi oleh factor mahasiswa belajar atau tidak terlebih dahulu dalam mengerjakan tugas tersebut. Dengan minat yang tinggi dan persiapan belajar yang baik, maka kinerjanya akan semakin besar.

Contoh 2:

Hipotesa: Layanan yang baik mempengaruhi kepuasan pelanggan

*

Variabel bebas: layanan yang baik
*

Variabel tergantung: kepuasan pelanggan
*

Variabel pengganggu: kualitas jasa / produk

Pada umumnya layanan yang baik akan memberikan kepuasan yang tinggi terhadap pelanggan; sekalipun demikian kualitas jasa akan mempengaruhi hubungan variabel layanan dengan variabel kepuasan. Layanan baik belum tentu memberikan kepuasan kepada pelanggan jika kualitas jasanya atau produknya rendah. Misalnya sebuah toko sepatu memberikan layanan yang baik kepada pelanggannnya. Ketika seorang pembeli mengetahui bahwa sepatunya sobek pada bagian tertentu maka tingkat kepuasannya akan turun.
sriyati,B0800271,3C

sofi mengatakan...

Variabel Penekan dan Variabel Penganggu
Kadang kadang hubungan negatif yang terlihat dalarn hubungan antara dua variabel tetap negatif setelah variabel ketiga dimasukkan, tetapi kadang juga berubah menjadi tidak ada hubungan atau bahkan berubah menjadi ada hubungan positif. Dapat pula terjadi, yang semula tidak ada hubungan dengan masuknya variabel ketiga menjadi ada hubungan posifif.
Jika hasil analisis awal menunjukkan tidak ada hubungan antara dua variabel tetapi ketika variabel ketiga dimasukkan sebagai variabel kontrol, hubugan Itu menjadl nampak, maka dalam kasus seperti ini variabel ketiga yang dikontrol tersebut disebut variabel penekan (suppressor variable).
Akan tetapi masuknya variabel ketiga dalam analisis bubungan antara dua variabel juga dapat memberikan hasil yang berlawanan dengan analisis awal (hanya dua variabel). Dalam analisis awal terdapat hubungan negatif antara dua variabel, tetapi setelah rnemasukkan variabel ketiga sebagai variabel kontrol hubungan tersebut menjadi positif. Dalam kasus sepeti ini variabel ketiga disebut variabel pengganggu atau variabel distorter.
sofiana Hikmah, B0800269, 3C

Anonim mengatakan...

karena seringkali tidak dapat dilakukan pengontrolan melalui desain penelitian sehingga langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah menggunakan analisis statistik. Salah satu analisis statistik yang dapat digunakan untuk mengontrol variabel pengganggu tersebut adalah analisis kovarians ( Ankova )Karena variable pengganggu bersifat hipotetikal,, maka tidak usah kita pusingkan keberadaannya jika variable pengganggu tidak berpengaruh terhadap penelitian kita, meskipun terdapat variable pengganggu didalamnya. Karena hanya akan membuang-buang waktu, umi fadilla kusuma putrie/B0800283

Anonim mengatakan...

karena variabel pengganggu tidak di teliti hanya di tampilkan maka sedikit di hilangkan saja, kantetapi juga tidak bisa lepas dari teori yang sedang diteliti.
ulfah febriani(B0800282)

Suntartini mengatakan...

Variabel pengganggu merupakan variabel yang kongkret yang pengaruhnya tidak kelihatan,maka dari itu pertama-pertama peneliti harus mengendalikan variabel luar terlebih dahulu dengan cara pemilihan responden.
Suntartini B0800273

Anonim mengatakan...

Tuti Purwasih (BO800280)
apa yang dimaksud dengan variabel pengganggu???
variabel pengganggu adalah variabel yang muncul pada saat penelitian yang mempengaruhi variabel terikat.
variabel ini biasanya muncul tetapi tidak perlu dimunculkan pada saat penelitian. variabel pengganggu ini biasanya menjadi perancu yang bisa mengacau penelitian.....

hartiningsih mengatakan...

Variabel pengganggu/ distorter adalah variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung
Contoh: Hipotesis: akseptor KB ekonomi lemah akan lebih banyak daripada ekonomi tinggi →ternyata hipotesis tersebut salah, hal ini disebabkan ada variabel pengganggu yaitu variabel status pekerjaan: PNS dan Non PNS → ternyata hipotesis tsb benar pada pegawai non PNS
hartiningsih 3B B0800219

Retno Wulandari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Retno Wulandari mengatakan...

Variable pengganggu, bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi, pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Retno Wulandari 3B B0800252

@na_gril mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Variabel pengganggu bersifat hipotetikal yang artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, meskipun secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan terikat yang sedang diteliti.
Sebaiknya dalam melakukan penelitian kita harus benar-benar bisa membedakan mana yang merupakan variable terikat, bebas dan pengganggu agar penelitian berjalan sesuai dengan rencana dan kita tidak dikacaukan oleh variable pengganggu maka sebaiknya keberadaan variable pengganggu diabaikan.
USWATUN/SI.KEP/AI.0800488

Anonim mengatakan...

Saya
Putra Agina W.S.
A1. 0800464
S1 Keperawatan

Menurut saya,
Variabel pengganggu yaitu variabel yang dapat mempengaruhi dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, jadi variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian.

Anonim mengatakan...

variabel yang dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.dan dapat mengganggu hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, merupakan variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan, sehingga tidak akan mempengaruhi variabel utama yang akan diteliti.

M.AZIZ MUBAROK
A1.0800452

Anonim mengatakan...

HENGKI PURNAMA SARI
A1.0800443

sifat dari variabel pengganggu dapat berpengaruh akan tetapi pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti.variabel ini sifatnya dapat memperkuat ada pula yang memperlemah variabel bebas

Anonim mengatakan...

INDAH TRI HANJAYANI
A1.0800445

variabel pengganggu merupakan variabel yang mengganggu variabel bebas dan variabel kontrol. dimana kedua variabel tersebut sangat mudah dimanipulasi oleh peneliti. oleh karena itu untuk mengurangi pengaruh variabel pengganggu maka peneliti tidak memanipulasi data.

Anonim mengatakan...

INDAH TRI HANJAYANI
A1.0800445

variabel pengganggu merupakan variabel yang mengganggu variabel bebas dan variabel kontrol. dimana kedua variabel tersebut sangat mudah dimanipulasi oleh peneliti. oleh karena itu untuk mengurangi pengaruh variabel pengganggu maka peneliti tidak memanipulasi data.

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu itu mempunyai sifat memperkuat dan memperlemah variabel indepebdent dan menurut saya variabel pengganggu itu di abaikan karena dapat mempersulit peneliti.

PURBARANI ANJAR PITALOKA
A1. 0800463

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu secara kongkrit pengaruhnya tidak
kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel
bebas dan tergantung yang sedang diteliti dan sebaiknya di abaikan.

TEGUH SULISTIYO
A1. 0800480

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu dapat mempengaruhi 2 variabel yaitu variabel bebas dan terikat.
jadi yang harus dilakukan adalah tidak memfokuskan variabel penggangu tapi tidak meninggalkan dari kasus yang sedang di teliti.

NUROHMAN TAUFIK
A1.0800460

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti

TRI HARTATO
A1.0800483

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti
sebaiknya diabaikan

Bayu Prasetyo
A1.0800492

Anonim mengatakan...

Variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulas...dan bila variabel tidak bgitu mempengaruhi 2 variabel yaitu variabel bebas dan terikat.. sebaiknya jangan berfokus terhadap variabel penggangu tsb sebaiknya di biarkan saja...
By : M.IBNU HAJAR
A1.0800493

choco boy mengatakan...

Menurut saya hanif :
Sikap peneliti terhadap variabel penganggu :
Peneliti menganalisa variabel penganggu agar menegtahui apaka h variabel dependen dan independen benar-benar murni saling berhubungan tanpa adanya pengaruh dari dari variabel penganggu.
Hanif tri w bowo
S1 keperawatan A1 0800441 stikes muh gombong

choco boy mengatakan...

Menurut saya hanif :
Sikap peneliti terhadap variabel penganggu :
Peneliti menganalisa variabel penganggu agar menegtahui apaka h variabel dependen dan independen benar-benar murni saling berhubungan tanpa adanya pengaruh dari dari variabel penganggu.
Hanif tri w bowo
S1 keperawatan A1 0800441 stikes muh gombong

hanif mengatakan...

Menurut saya hanif :
Sikap peneliti terhadap variabel penganggu :
Peneliti menganalisa variabel penganggu agar menegtahui apaka h variabel dependen dan independen benar-benar murni saling berhubungan tanpa adanya pengaruh dari dari variabel penganggu.
Hanif tri w bowo
S1 keperawatan A1 0800441 stikes muh gombong

Menurut saya fitriyani :
Sikap peneliti terhadap variabel penganggu :
Peneliti menganalisa variabel penganggu agar menegtahui apaka h variabel dependen dan independen benar-benar murni saling berhubungan tanpa adanya pengaruh dari dari variabel penganggu.
S1 keperawatan stikes muh gombong

Mohmd.Ibnu fth.as'syakur mengatakan...

Variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi...dan kita pun melihat dr pengaruhnya bila variabel pengganggu tidak mempengaruhi 2 variabel yaitu variabel bebas dan terikat..
jadi yang harus dilakukan adalah tidak memfokuskan variabel penggangu dan fokus kasus yang sedang di teliti..
By : M.IBNU HAJAR
A1.0800493

Sri endah mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti.

Sri Endah
A1.0800473
stikes Gombong

Ning mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti... sebaiknya di biarkan saja

Supratiningsih
A1.0800475

Rina mengatakan...

variabel pengganggu ini sebaiknya dipilah-pilah mana yang seharusnya digunakan dan mana yang seharusnya diabaikan karena jika tidak akan mengganggu keberadaan variabel dependent dan independent....
Rina
A1.0800468
S1 kep Stikes Gombong

Putri F mengatakan...

Variabel pengganggu (dependent variabel)adalah variabel yang faktornya di amanati dan diukur menentukan pengaruh yang di sebabkan oleh variabel bebas, sehingga peneliti harus mengesampingkan variabel pengganggu dan jangan terlalu fokus pada variabel pengganggu...
Putri firdaus
A1.0800465
stikes Muh Gombong

Anonim mengatakan...

MELANI :
Yang harus dilakukan peneliti untuk mengurangi efek variabel penggangu adalah tergantung dari variabel terikat dan bebasnya. Peneliti menganalisa variabel penganggu agar menegtahui apaka h variabel dependen dan independen benar-benar murni saling berhubungan tanpa adanya pengaruh dari variabel penganggu. Dalam hal ini peneliti harus mengetahui sejauh mana efek variabel penggangu dlm mempengaruhi var.bebas dan var.terikat, sehingga peneliti dapat memilah milah, mengolah serta mengkontrol data dalam variabel penggangu.Misalnya variabel penggangu budaya,budaya bersifat alamiah trhdp responden, sehingga peneliti harus meminimalkan penelitian yang berhubungan dengan budaya,dapat dngn cara mengajak kerja sama dengan tokoh masyarakat sehingga peneliti dapat dengan mudah merubah budaya tersebut


MELANI FITRIANA
S1 KEP A1.0800451

Jz adiitya mengatakan...

VARIABEL PENGGANGGU: adalah variabel yang mempengaruhi(memperkuat dan memperlemah)hubungan antara variabel independen dan dependen....so sbaiknya diabaikan....
JZ.Aditya K.W
A1.0800447
S1 Kep STIKES MUH GOMBONG

Anonim mengatakan...

octia :
Yang harus dilakukan peneliti untuk mengurangi efek variabel penggangu adalah tergantung dari variabel terikat dan bebasnya. Peneliti menganalisa variabel penganggu agar menegtahui apaka h variabel dependen dan independen benar-benar murni saling berhubungan tanpa adanya pengaruh dari variabel penganggu. Dalam hal ini peneliti harus mengetahui sejauh mana efek variabel penggangu dlm mempengaruhi var.bebas dan var.terikat, sehingga peneliti dapat memilah milah, mengolah serta mengkontrol data dalam variabel penggangu.Misalnya variabel penggangu budaya,budaya bersifat alamiah trhdp responden, sehingga peneliti harus meminimalkan penelitian yang berhubungan dengan budaya,dapat dngn cara mengajak kerja sama dengan tokoh masyarakat sehingga peneliti dapat dengan mudah merubah budaya tersebut

octia atikasari
s1 keperawatan
a1.0800461

Dheache mengatakan...

MENURUT SAYA :
Variabel pengganggu >>>>> variabel yang dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.
Menurut saya variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan apabila efek dari variabel tersebut dapat memperkuat hubungan antar variabel, jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu sipeneliti dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian.

DESI DWI HANDAYANI
A1.0800426

profesional nursing mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

Contoh:
· Hipotesa: Jika minat terhadap tugas meningkat, maka kinerja mengerjakan tugas tersebut akan semakin meningkat
· Variabel bebas: minat terhadap tugas
· Variabel tergantung: kinerja dalam mengerjakan tugas
· Variabel penganggu: proses belajar

Keterangan kasus di atas adalah sebagai berikut jika mahasiswa tertarik terhadap tugas yang diberikan oleh dosen, maka hasilnya akan baik. Besar kecilnya kinerja dipengaruhi oleh minat; sekalipun demikian hasil akhir pengerjaan tugas tersebut dipengaruhi oleh factor mahasiswa belajar atau tidak terlebih dahulu dalam mengerjakan tugas tersebut. Dengan minat yang tinggi dan persiapan belajar yang baik, maka kinerjanya akan semakin besar.

Contoh 2:

· Hipotesa: Layanan yang baik mempengaruhi kepuasan pelanggan
· Variabel bebas: layanan yang baik
· Variabel tergantung: kepuasan pelanggan
· Variabel pengganggu: kualitas jasa / produk

Pada umumnya layanan yang baik akan memberikan kepuasan yang tinggi terhadap pelanggan; sekalipun demikian kualitas jasa akan mempengaruhi hubungan variabel layanan dengan variabel kepuasan. Layanan baik belum tentu memberikan kepuasan kepada pelanggan jika kualitas jasanya atau produknya rendah. Misalnya sebuah toko sepatu memberikan layanan yang baik kepada pelanggannnya. Ketika seorang pembeli mengetahui bahwa sepatunya sobek pada bagian tertentu maka tingkat kepuasannya akan turun.
Nama : Agus Gunawan/ A1 0800411

Wijie mengatakan...

Variabel pengganggu yaitu variabel yang dapat mempengaruhi dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, jadi menurut saya variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh...
Wiji Nurjannah
A1.0800489

Yenie mengatakan...

Variable penggangu fariable yang sudah diketahui sebelunya,
variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; Tergantung pengaruhnya jika tidak begitu mempengaruhi di abaikan saja...
Yeni Lestari
A1.0800490
Stikes gombong

Sun of Beauty mengatakan...

Sani Safitri s1Kep
Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel kongkrit. variabel pengganggu dapat memperkuat dan memperlemah. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

Umy... mengatakan...

Variabel pengganggu yaitu variabel yang dapat mempengaruhi dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, jadi dalam kata lain variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh atau di abaikan saja.
Umi sangadah abadiyah
A1.0800487
stikes Gombong

Nurcha mengatakan...

Menurut saya:
Variabel pengganggu yaitu variabel yang dapat mempengaruhi dgn kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, jadi menurut saya variabel pengganggu dalam penelitian tetap dibahas dan dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut dapat memperkuat hubungan antar variabel, akan tetapi jika sebaliknya sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu si-peneliti.Atau dapat juga sebagai lampiran penelitian saja.

NUR KHAYATI
A1.0800456

Titin Kurniasih mengatakan...

Variabel pengganggu yaitu variabel yang dapat mempengaruhi dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat,,jadi lbh baik diabaikan
Titin Kurniasih
a1.0800481
S1 Kep MUH gombong

Sun of Beauty mengatakan...

Baroroh S1 kep
Adalah variabel yang menjadi media pada suatu hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.
variable pengganggu bersifat hipotetikal yang artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, meskipun secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. variabel pengganggu dapat diartikan juga sebagai distorter adalah variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung.

RADITYA LARASATI mengatakan...

MENURUT saya.....
variable pengganggu, variable
tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak
kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel
bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable
pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi
hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan
dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel
bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti

RADITYA LARASATI
A1,0800466

nurhena d mengatakan...

Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel kongkrit. Ketiga variable, yaitu variable bebas, kontrol dan moderat tersebut dapat dimanipulasi oleh peneliti dan pengaruh ketiga varaibel tersebut dapat dilihat atau diobservasi. Lain halnya dengan variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

nama : Nurhena D
NIM : A1 0800457

Toiful Jamil mengatakan...

Menurut saya(toiful jamil)...Variabel pengganggu yaitu variabel yang dapat mempengaruhi dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, jadi menurut saya variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian
stikes muh gmbong..s1 kep..A1.0800482

Agus Setyono mengatakan...

variable pengganggu, variable yang bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti...
AGUS SETYONO
A1.0800412
STIKES Muh GOMBONG..S1.KEPERWATAN

Anonim mengatakan...

septi widi astuti.s1 kep
variabel pengganggu merupakan variabel yang dapat mempengaruhi variabel yang sedang di teliti, variabel ini tidak dapat dilihat ataupun diukur tetapi variabel ini pengaruhnya disimpulkan dari variabel-variabel bebas terhadap gejala yang sedang diteliti

Baroroh mengatakan...

Baroroh_S1 keperawatan
menurut saya variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian.
variable pengganggu merupakan variable bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti sehingga variable ini tidak perlu diteliti karena hanya membuang waktu saja.

AnggUn... mengatakan...

Variabel pengganggu merupakan variabel yang dapat mempengaruhi kedua variabel antara variabel terikat dan variabel bebas.. dan bersifat memperkuat dan memperlemah antara keduanya?? jika sudah diketahui variable pengganggu tersebut dapat memperlemah variabel yang di teliti, maka dapat dikontrol dalam analisis.. namun jika tidak memperlemah variabel,
di biarkan saja...

Nur laeliyah
A1.0800458
Stikes Gombong

septi widi astuti mengatakan...

variabel pengganggu merupakan variabel yang dapat mempengaruhi variabel yang sedang di teliti, variabel ini tidak dapat dilihat ataupun diukur tetapi variabel ini pengaruhnya disimpulkan dari variabel-variabel bebas terhadap gejala yang sedang diteliti

SEPTI WIDI ASTUTI
A1 0800470
S1 KEP

Sani Safitri mengatakan...

Sani Safitri
A1.0800469
variabel pengganggu adalah variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung.
variabel mengganggu merupakan hal yang mempengaruhi tapi tidak diteliti,atau variabel lain yang mempengaruhi variabel 1

Anonim mengatakan...

variabel penggangu adalah variabel yang dapat mempengaruhi keberadaan variabel independent.
variabel pengganggu sebaiknya dipilah mana yang seharusnya digunakan dan mana yang seharusnya diabaikan karena jika tidak akan mengganggu keberadaan variabel independent.
Contoh; judul : "Hubungan antara kelelahan dengan timbulnya gastritis". Variabel independent adalah "kelelahan" dan variabel dependent adalah "gastritis". Sementara variabel pengganggunya adalah "pola makan, aktivitas, dll".
YENI LESTARI A1.0800490 S1.KEPERAWATAN

variable pengganggu dapat dikatakan sebagai variabel yang dapat mempengaruhi hubungan variabel yang sedang diteliti.

variabel pengganggu adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi.jadi menurut saya variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian.

Vengeance mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti

Day's of Nurse mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
triyuli wahyuni A10800486

Anonim mengatakan...

Variable penggangu fariable yang sudah diketahui sebelunya, seperti yang kita ketahui variable pengganggu bissa menperkuat ataupun memperlemah variable bebas,jika kita telah mengetahui variable pengganggu tersebut akan memperkuat variable bebas kita bisa memperkuat mengembangkan, namun jika sudah diketahui variable pengganggu tersebut dapat memperlemah variable bebas dapat dikontrol dalam analisis.


BAKTI RAHMAN PRASTYO
A10800420

Asrofy mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

Contoh:
· Hipotesa: Jika minat terhadap tugas meningkat, maka kinerja mengerjakan tugas tersebut akan semakin meningkat
· Variabel bebas: minat terhadap tugas
· Variabel tergantung: kinerja dalam mengerjakan tugas
· Variabel penganggu: proses belajar.
.
.
ASROPI
NIM:A1.0800418

Anonim mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian
taufiq sugeng riyadi (A1 0800479) S1 kep.

dhechi mengatakan...

dhechi

variabel pengganggu (intervening variabel)adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubunbgan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi
Pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh pengaruh variabel bebas dan variabel moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
contoh : Hipotesa, Variabel bebas, variabel tergantung, dan variabel pengganggu
Desi Puspitasari
A1 0800427

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu (intervening variabel)adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubunbgan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi
Pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh pengaruh variabel bebas dan variabel moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
contoh : Hipotesa, Variabel bebas, variabel tergantung, dan variabel pengganggu
Desi Puspitasari
A1 0800427

Desi Puspita mengatakan...

variabel pengganggu (intervening variabel)adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubunbgan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi
Pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh pengaruh variabel bebas dan variabel moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
contoh : Hipotesa, Variabel bebas, variabel tergantung, dan variabel pengganggu
Desi Puspita
A1 0800427

Dhenny S mengatakan...

variabel pengganggu (intervening variabel)adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubunbgan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi
Pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh pengaruh variabel bebas dan variabel moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
contoh : Hipotesa, Variabel bebas, variabel tergantung, dan variabel pengganggu
Dhenny'S
A1 0800425

Novi Nur J mengatakan...

variabel pengganggu (intervening variabel)adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubunbgan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi
Pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh pengaruh variabel bebas dan variabel moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
contoh : Hipotesa, Variabel bebas, variabel tergantung, dan variabel pengganggu
Novi Nur J
A1 0800455

Nita Nur S mengatakan...

variabel pengganggu (intervening variabel)adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubunbgan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi
Pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh pengaruh variabel bebas dan variabel moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
contoh : Hipotesa, Variabel bebas, variabel tergantung, dan variabel pengganggu
Nita Nur S

ZeEQ mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti
Novi Nur Jannah.

puput mengatakan...

variabel pengganggu yang mempengaruhi variabel bebas dan variabel trikat, menurut saya tindakan peneliti pada variabel pengganggu yaitu : dalam melakukan penelitian variabel pengganggu variabel yang harus dikaji, dan sebagai bahan agar peneliti harus lebih teliti.
puput dwi utami A1 0800162
S1 Keperawatan STIKES MUH GOMBONG

Ahmad Muzaki mengatakan...

Ahmad Muzaki, S1 Kep Semester VI, STIKES Muhammadiyah Gombong.

Variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Intinya variable pengganggu diabaikan atau dikesampingkan.

Anonim mengatakan...

Novi Istiani :
variable penganggu...
harus diapakan??
menurut saya variable pengganggu tetap harus di tulis sebagai tambahan ilmu pengetahuan walaupun sipeneliti sudah yakin akan variable yang dipilih namun tak ada salah nya di ikutsertakan variable pengganggu sehingga kita tahu bahwa yang mempengaruhi dari suatu penelitian bukan hanya variable pengikat dan variable bebas. variable ini hanya dicantumkan dan tidak dilakukan peneliatian lebih lanjut karena sudah ada variable yang bmenguatkan dan sifat dari variable pengganggu itu melemahkan walaupun kadang bisa juga menguatkan namun intensitasnya kurang, demikian..terimakasih...

Anonim mengatakan...

Ahmad Muzaki, S1 Kep Semester VI, STIKES Muhammadiyah Gombong.
Variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Intinya variable pengganggu diabaikan atau dikesampingkan.

Anonim mengatakan...

Arju Puji Haryono
NIM 0800417

Variable Penggangu (Intervening Variable)

Adalah suatu variabel dalam penelitian yag tidak menjadi pusat perhatian akan tetapi muncul dalam penelitian dan berpengaruh terhadap keragaman variabel tergantung dan atau berpengaruh terhadap variabel bebas.

MyLovely mengatakan...

tindakan yg perlu dilakukan seorang peneliti untuk mengurangi efek varabel pengganggu menurut saya variabel yang tidak diharapkan namun dapat
mempengaruhi variabel dependen. Variabel ini perlu dikendalikan. Dapat berupa
intervening variable (tidak dapat dikendalikan dan diukur secara langsung: capai,
panik dll.) atau extraneous variable (dapat diukur, seperti umur yang bertambah,
pendidikan dll)

Barkah Waladani
A10800421

Anonim mengatakan...

Yulia Puspitasari (A1.0800491)s1.kep semester 6
menurut saya Yang harus di ambil peneliti untuk mengurangi efek variabel pengganggu yaitu tidak perlu di teliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian.
Variabel pengganggu merupakan variabel yang di luar hubungan yang tidak di teliti.Variabel ini akan memperkuat atau memperlemah variabel dependent dan independen.Oleh karena itu variabel secara teoritis mempengaruhi hubungan variabel yang sedang di teliti tetapi tidak dapat di lihat,diukur dan di manipulasi.Pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh variabel- variabel bebas dan variabel moderat terhadap gejala yang sedang di teliti.

Anonim mengatakan...

kholifatul fajriyani
(A1.0800448)semster 6 s1.kep
Variabel pengganggu yaitu variabel yang dapat mempengaruhi dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, jadi menurut saya variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian.

Anonim mengatakan...

saya
Fridayana Riski Arini
A1.0800439
s1.kep
variable pengganggu bersifat hipotetikal yang artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, meskipun secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi,sehingga variabel pengganggu boleh diabaikan

Anonim mengatakan...

Hana Prastiana
A1.0800491,semester 6
si.kep
karena variable pengganggu tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

ABOUT JENK NOPY mengatakan...

menurut saya
Variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Sebaiknya dalam melakukan penelitian kita harus benar-benar bisa membedakan mana yang merupakan variable terikat, bebas dan pengganggu agar penelitian berjalan sesuai dengan rencana dan kita tidak dikacaukan oleh variable pengganggu maka sebaiknya keberadaan variable pengganggu diabaikan.

Anonim mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
NURMA EKA PURNAMASARI/A1.0800459/S1 KEPERAWATAN

Anonim mengatakan...

Variable penggangu fariable yang sudah diketahui sebelunya, seperti yang kita ketahui variable pengganggu bissa menperkuat ataupun memperlemah variable bebas,jika kita telah mengetahui variable pengganggu tersebut akan memperkuat variable bebas kita bisa memperkuat mengembangkan, namun jika sudah diketahui variable pengganggu tersebut dapat memperlemah variable bebas dapat dikontrol dalam analisis.
TRI PUJI LESTARI/S1 KEPERAWATAN/A1.0800484

Anonim mengatakan...

catur samiaji.
0800423
variable pengganggu menurut pemikiran saya, tidak perlu dilampirkan,atau variable pengganggu cukup di abaikan agar tidak menggu titik fokus penelitian yang sedang dikerjakan.karena secara kongkrit pengaruhnya tidak begitu kelihatan dalam penelitian.

Anonim mengatakan...

Variabel pengganggu yaitu variabel yang dapat mempengaruhi dalam kata lain dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, jadi menurut saya variabel pengganggu dalam penelitian dapat di kembangkan jika efek dari variabel tersebut itu memperkuat hubungan antar variabel, namun jika sebaliknya maka sebaiknya variabel pengganggu itu tidak perlu diteliti lebih jauh karena hanya akan membuang waktu penelitian dan hasilnya pun tidak begitu menguntungkan bagi hasil penelitian.

Dian Rahayu Putri
A1.0800429

Anonim mengatakan...

variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
Variabel ini terjadi apabila kita menghubungkan 2 variabel(terpengaruh dan pengaruh).Misalnya A mempengaruhi C apabila ada variabel antara B sehingga terjadi 3 hubungan A dan B, B dengan C, A dengan C.

Ira Indra Imawati
A1.0800446

Anonim mengatakan...

variable pengganggu, variable
tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak
kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel
bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable
pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi
hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan
dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel
bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

Ari Kustiawati
a1.0800415

Anonim mengatakan...

variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.
jd menurut saya variabel pengganggu tetap dicantumkan tetapi yang sekiranya memperkuat itulah yang dbahas dan dikembangkan dalam penelitian, sdangkan yang memperlemah jangan dibahas.

Lia Mutiara
A1.0800449

1group_nurse mengatakan...

akhmad mabarrun
Variable pengganggu dapat didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi.
Sebaiknya dalam melakukan penelitian kita harus benar-benar bisa membedakan mana yang merupakan variable terikat, bebas dan pengganggu agar penelitian berjalan sesuai dengan rencana dan kita tidak dikacaukan oleh variable pengganggu maka sebaiknya keberadaan variable pengganggu diabaikan

Anonim mengatakan...

variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti
sumpeno adi P.
A1 0800474
S1 keperawatan

evy prihana mengatakan...

yang harus dilakukan untuk variabel pengganggu adalah:
1. retraksi: menyingkirkan variabel pengganggu dari setiap subjek penelitian
2. Matching: proses menyamakan variabel pengganggu antara 2 kelompok
3. Randomisasi: merupakan cara efektif untuk menyingkirkan pengaruh variabel pengganggu yaitu dengan melakukan randomisasi maka variabel pengganggu akan terbagi seimbang antara kelompok

Evy Prihana-s1 kep smter5-A10800436
(Metodologi Riset Keperawatan, Nursalam, 2001)

Taufikurrohman Ja'far mengatakan...

variabel pengganggu dalam penelitian ?
peneliti tentunya harus menganalisa sejauh dan sebesar apa pengaruh variabel pengganggu terhadap hasil dari penelitiannya, meskipun variabel pengganggu tidak dibahas dalam tulisannya.

Taufikurrohman Ja'far
A1 0800478

blogq mengatakan...

untuk mengurangi efek variabel pengganggu kita harus mengontrol agar tidak mempengaruhi hubungan yang dikehendaki,dimulai sejak awal kita menentukan kerangka konsep,metode penelitian dan analisis data. (A21000318)

Anonim mengatakan...

Komentar saya tentang Variabel Penganggu

barkah rusdianto mengatakan...

Saya sependapat dengan mas Irwan
Untuk mengurangi efek variable pengganggu, sebenarnya dariawal kita mengkonsep, memilih mendesaign, membuat metode, dan menganalisa data, kita sudah dapat mengontrol serta menganalisa variable pengganggu apa yang akan dihadapi. Jadi yang harus kita lakukan adalah pandai pandailah dan telitilahdalam memasukan data dan mengolah data. Tepatan waktu, tempat, dan keadaan merupakan salah satu unsur untuk mengurangi efek varisble pengganggu.

BARKAH RUSDIANTO
A21000306

kurniawan setyo hadi mengatakan...

Variabel atau faktor yang diketahui berhubungan, berasosiasi atau berpengaruh terhadap status subjek yang diteliti disebut variabel pengganggu. Variabel pengganggu dapat mempengaruhi kontrol dan dapat menyebabkan bias atau asosiasi yang keliru antara penyakit dan penyebabnya, yaitu agens atau faktor resiko. Karakteristik, sifat atau faktor lain apapun yang dapat menyimpangkan atau membiaskan hasil studi dapat menjadi variabel pengganggu, jika tidak ikut diperhatikan atau dipertimbangkan.
Beberapa variabel penting yang dapat mempengaruhi kasus atau control adalah usia, jenis kelamin, ras, pekerjaan, pendidikan, status ekonomi. Faktor yang menyimpangkan hasil atau efek dari studi dapat mengganggu fakta dan objektivitas hasil. Faktor apapun yang menyebabkan distribusi tidak seimbang antara subjek yang terpajan dan tidak terpajan (kasus dan kontrol) juga dapat membiaskan atau mengganggu hasil studi.
Gangguan dari variabel dapat dikendalikan dengan melakukan pencocokan atau dengan metode atau pendekatan statistik. Pencocokan (matching) adalah proses penyeleksian kontrol sehingga memiliki pengaruh atau karakteristik serupa dengan kasus. Pencocokan dilakukan agar kasus dapat dibandingkan dengan kontrol. Di dalam pencocokan terdapat upaya untuk memasangkan usia yang berdekatan (pencocokan tingkatan), atau memasngkan satu persaatu kasus individual dengan control (pencocokan pasangan). Pencocokan individual (individual matching) membandingkan individu-individu yang berbeda dengan subjek penelitian yang menyerupai penelitian lain.
Distribusi frekuensi pada karakteristik yang dipasangkan harus sama atau serupa antara kasus dan kontrol [pencocokan frekuensi (frequency matching)]. Pencocokan kelompok kasus dan kontrol dalam kategori besar seperti pengelompokan berdasarkan pekerjaan, usia, atau ras disebut pencocokan kategori (category matching).
Pencocokan merupakan bagian penting dari desain penelitian, seperti halnya kontrol terhadap variabel terganggu. Kelompok kasus dan kontrol dapat dikendalikan. Kelompok kasus dan kontrol dapat dikendalikan melalui stratifikasi, yang digunakan untuk menyingkirkan pengaruh variabel pengganggu, dan dapat dicapai dengan memecah kelompok kasus dan kontrol menjadi sub-unit atau subkelompok. (Epidemiologi Suatu Pengantar, Thomas Timmreck, 2004)


Kurniawan Setyo Hadi
A21000322

Anonim mengatakan...

Menurut saya Variabel Pengganggu atau variabel luar adalah variabel yang dapat mempengaruhi variabel terikat selain variabel bebas. Variabel pengganggu biasanya tidak perlu diteliti,sehingga dalam pembuatannya menggunakan garis putus-putus.
Lilis Sulistyani A21000323

leo.sblog mengatakan...

variabel pengganggu,seperti yang telah disebutkan diatas mempunyai sifat hipotetikal,secara konkrit mempunyai pengaruh yang tidak kelihatan,tidak dapat diukur,dan dimanipulasi,bahkan punya pengaruh terhadap hubungan variabel bebas dan tergantung yang sedang diteliti.bagi saya yang masih nol tentang penelitian dan baru mulai melangkah,penjelasan seperti tersebut,kurang bisa memahami dengan jelas,mungkin akan lebih baik,bila diberikan contoh 1 atau 2 judul skripsi,terus disitu diuraikan hipotesa,variabel bebas,variabel tergantung dan juga variabel pengganggunya.terimakasih

sulistyanto
mahasiswa jalur B8
A21000334

blog mengatakan...

Yang perlu dilakukan untuk menjadi yakin tentang hubungan yang ada adalah mengontrol agar variabel pengganggu tidak dapat mempengaruhi hubungan yang dikehendaki, langkah tersebut dapat dimulai sejak menyatakan kerangka konsep, memilih desain penelitian dan akhirnya analisis data
arisaputro
kelas B8 A21000344

khayawi mengatakan...

Tindakan yang harus diambil peneliti untuk mengurangi efek variabel pengganggu:
1. Memperkirakan/mengidentifikasikan varibable pengganggu yang mungkin muncul.
2. Menjelaskan antisipasi yang telah dilakukan supaya variable-variable pengganggu tersebut tidak muncul.
Contoh : membuat batasan terhadap responden ( usia, pendidikan, waktu, tempat, pengalaman sakit, dll). Diarahkan batasan tersebut bisa mengurangi munculnya variable pengganggu atau tidak muncul.
3. Pada bab kesimpulan peneliti menjelaskan apakah variable pengganggu masih muncul, kemudian menjelaskan sebab munculnya variable pengganggu tersebut dan apakah mempengaruhi hasil penelitan yang diadakan secara signiifikan.
Khabib Nawawi. B8. NIM A21000320

Anonim mengatakan...

variabel penggangu harus dicantumkan untuk memvariasikan faktor-faktor peneliatian supaya apa yang diteliti dan yang tidak diteliti jelas.
kasih puji utami (mhs kls transfer jalur b8 stikes muhgo)

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu merupakan varibel yang memepengaruhi hubungan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi. pengaruhnya harus disipmpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variabel moderat terhadap gejala yang sedang diteliti. variabel pengganggu secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan tetapi dapat mempengaruhi hub antara variabel bebas dam tergantung yg sedang diteliti.
Ambarwati (kls transfer jalur b8 stikes muhgo)

Anonim mengatakan...

dalam peneliatian deskriptif kualitif variabel tetap dicantumkan bentuknya berupa variabel tunggal apakah begitu???
terus dalam mengukur validatif penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan cara triangulasi data. maksud dan caranya bagaimana? terimakasih.
Eny srimulyaningsih kls transfer jalur b8 stikes muhgo

Bang kendar blog mengatakan...

variabel pengganggu merupakan variabel untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap variabel independent dengan variabel dependent.
Sukendar (jalur b8)

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu merupakan variabel yang secara konkrit pengaruhnya tidak kelihan atan tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan variabel tergantung yg sedang diteliti.
Dwi prihatiningsih (jalur b8)

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu dapat memmpengaruhi variabel yg sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, di ukur, dan dimanipulasi, pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variabel moderat terhadapa gejala yang sedang diteliti.
titi purwaningsih (jalur b8 stikes muhgo)

Anonim mengatakan...

selamat atas jabatan baru menjadi kabid PMK dinkes kab. kebumen.
pak saya mau bertanya :
1. apakah variabel pengganggu harus selalu dicantumkan dalam setiap penelitian?
2. untuk materi yang uji validitas dan reabiliats yg kemaren kami seudah berusaha untuk membaca tetapi masih bingung untuk aplikasi dalam proposal penelitian beserta rumusnya.
terimakasih.
Khalimah (jalur b8 stikes muhgo)

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu adalah variabel yang tidak diteliti namun merupakan variabel yang berkaitan/berpengaruh dengan variabel tergantungyang diteliti dan dapat membuat hasil penelitian menjadi bias. variabel ini harur dimunculkan pada kerangka penelitian sebagai gambaran atau acuan bahwa variabel tsb memang ada atau berkaitan namun tidak diteliti dengan tujuan agar hasil penelitian menjadi lebih valid.
retno palupi (jalur b8 stikes muhgo)

danang-info-blogspot mengatakan...

judul skripsi "analisis hubungan antara komunikasi organisasional dan budaya perawat dengan semangat kerja perawat di rsu pku muhammadiyah gombong".apakah budaya perawat bisa dianggap sebagai variabel pengganggu ataukah diangkat sebagai variabel yang harus diteliti?.trima kasih.dari danang agus jatmiko jalur khusus S1 keperawatan stikes muhammadiyah gombong.kelas B8

Anonim mengatakan...

variabel pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hub variabel yg sedang diidteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variavel moderat terhadap gejala yg diteliti.
Eva farida (jalur b8 stikes muhgo)

ayux mengatakan...

variabel pengganggu adalah variabel yg mengganggu bekerjanya variabel bebas dan tergantung.
contoh : hipotesis akseptor KB ekonomi lemah akan lebih banyak daripada ekonomi tinggi.
ternyata hipotesis tersebut salah, hal ini disebabkan ada variabel pengganggu yaitu variabel status pekerjaan : PNS dan non PNS ternyata hipotesis tsb benar pada pegawai non PNS.
tri ayu woro sudewi (A21000338)

 
 
 

Eine Sprache ist Eine Libensform

Tulisan merupakan lambang bahasa. Bahasa mengungkapan fikiran kita. Tulisan kita dapat mencerminkan apa yang ada dalam fikiran kita. Bahkan hidup kita! Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang kita tidak punya arti apa-apa. Seringkali, hanya karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ungkapkan. Itulah maknanya bahasa dan arti penting sebuah tulisan.

Temukan Saya

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya. Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Buku Tamu