Pengikut

Selamat Datang di Web Log "Menulis Proposal Penelitian" Untuk bergabung dan memperoleh up-date posting silakan klik Join This site. Jika ada posting yang berguna, silakan copy dengan menyebutkan sumber. Jika ada pertanyaan, silakan isikan komentar pada kolom dibawah posting. Terimakasih

Regresi Logistik [Logistic Regression]

Rabu, Maret 28, 2012

Regresi logistik berguna untuk meramalkan ada atau tidaknya karakteristik berdasarkan prediksi seperangkat prediktor. Regresi logistik seperti yang ditulis dalam Diskusi Metodologi Penelitian, mirip dengan model regresi linier tetapi cocok untuk model penelitian dengan variabel dependen yang datanya berbentuk dikotomis.

 Koefisien regresi logistik dapat digunakan untuk memperkirakan odds ratio untuk setiap variabel independen dalam model. Odd ratio adalah adalah ukuran dari peningkatan kemungkinan untuk satu kategori dibandingkan dengan yang lain. Melalui odd ratio kita akan tahu berapa peningkatan skor variabel dependen yang ditinjau oleh prediktor tertentu ketika prediktor lainnya adalah konstan.


Regresi logistik digunakan untuk memprediksi variabel yang bersifat kategoris (biasanya dikotomis) oleh seperangkat variabel prediksi. Dengan adanya sifat variabel yang kategorikal, analisis fungsi diskriminan biasanya digunakan jika semua prediktor berbentuk data kontinum dan terdistribusi dengan baik. Analisis logit digunakan jika semua prediktor bersifat kategoris; dan regresi logistik dipilih jika prediktor memuat campuran variabel kontinu dan kategoris atau prediktor tersebut tidak terdistribusi yang baik (regresi logistik tidak membuat asumsi tentang distribusi dari variabel prediktor).

Regresi logistik telah sangat populer untuk riset medis misalnya apakah pasien memiliki gejala penyakit tertentu. Pada regresi logistik, variabel dependen yang diprediksi adalah fungsi dari probabilitas bahwa suatu subjek tertentu akan berada dalam salah satu kategori.

Contoh Desain Penelitian

  1. Misalkan kita tertarik pada faktor-faktor yang mempengaruhi apakah seorang kandidat politik akan memenangkan pemilihan atau tidak. Hasil (respon) variabel dikotomi (0 dan 1); menang atau kalah. Prediktor yang dipakai adalah: jumlah uang yang dihabiskan untuk kampanye, jumlah waktu yang digunakan untuk kampanye negatif dan apakah atau tidak calon adalah sebuah kewajiban. Karena variabel respon biner kita harus menggunakan sebuah model yang menangani 0 / 1 variabel dengan benar.
  2. Peneliti hendak mengidentifikasi pengaruh usia, jenis kelamin dan aktivitas olahraga kemunculan serangan jantung. Variabel respon kemunculan serangan jantung berbentuk data dikotomi (0 dan 1) yaitu muncul dan tidaknya serangan jantung.
  3. Peneliti hendak mengindentifikasi GRE (Graduate Record Exam skor), IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), dan prestise program sarjana untuk mendaftarkan diri pada program pascasarjana. Skor pada variabel dependennya berbentuk dikotomi (0 dan 1) yaitu mendaftar program pascasarjana atau tidak.
Binary Logistic Regression memberikan kesempatan kepada peneliti untuk menentukan model secara fleksibel dan mendalam serta memilih prediktor secara inklusif. Peneliti dapat menggunakan enam jenis metode (forward- or backward-stepwise dsb.) Hal ini memungkinkan peneliti untuk menemukan prediktor yang terbaik dari seperangkat prediktor yang dipakai. Karena peneliti metode forward (prosedur memilih prediktor terkuat hingga terlemah) atau backward (prosedur mengeluarkan prediktor yang paling kuat secara berurutan), peneliti mempunyai fleksibilitas untuk memilih model dengan cara yang mereka inginkan. Peneliti juga dapat mengatur kriteria untuk melakukan inklusi maupun ekslusi terhadap prediktor yang dilibatkan.

Konsiderasi Data

Variabel dependen harus berbentuk dikotomi sedangkan prediktor dapat berbentuk interval atau kategoris. Jika kategoris, mereka harus di dummy atau dikodekan.

Asumsi
Regresi logistik tidak bergantung pada asumsi distribusi namun disarankan data memenuhi distribusi normal multivariat karena akan menghasilkan prediksi yang lebih stabil. Sebagai bagian dari regresi, adanya multikolinieritas antar prediktor dapat menyebabkan bias estimasi dan pelambungan nilai eror standar. Prosedur akan lebih efektif jika prediktor yang benar-benar merupakan variabel kategoris bukan merupakan pengkategorian berdasarkan kualitas misalnya “IQ tinggi” dan “IQ rendah”. Jika variabel dependennya merupakan variabel kontinum seperti IQ maka peneliti disarankan untuk menggunakan regresi linier karena akan menghasilkan informasi lebih kaya. Dengan kata lain, jika variabel dependennya adalah kontinum (misalnya IQ) pengkategorian tidak perlu dilakukan.

Prosedur Terkait
Gunakan prosedur untuk sebar layar multicollinearity data Anda. Jika asumsi multivariat normal dan sama matriks varians-kovarians terpenuhi peneliti akan mendapatkan solusi yang lebih cepat jika menggunakan prosedur Analisis Diskriminan. Jika semua prediktornya variabel kategoris, peneliti dapat menggunakan prosedur Loglinear. Jika variabelnya adalah kontinu maka penggunaan prosedur Regresi Linear sangat disarankan.

Best regards,

4 comments:

Qing Cai mengatakan...

nike trainers uk, http://www.niketrainers.me.uk/
louis vuitton handbags, http://www.louisvuittonhandbagsoutlet.co.uk/
los angeles lakers, http://www.lakersjerseys.us/
longchamp outlet, http://www.longchampoutlet.name/
ray-ban sunglasses, http://www.rayban-sunglassess.us.com/
mont blanc outlet, http://www.montblancpensoutlets.com/
lululemon outlet, http://www.yogapants.us.com/
fitflop, http://www.fitflop.in.net/
cheap soccer jerseys, http://www.cheapsoccerjersey.net/
air max shoes, http://www.nikeairmaxshoess.co.uk/
thomas sabo uk, http://www.thomassabos.co.uk/
cleveland cavaliers jersey, http://www.cavaliersjerseys.net/
vikings jerseys, http://www.minnesotavikingsjersey.us/
kobe bryants shoes, http://www.kobeshoes.us/
miami heat jersey, http://www.miamiheatjerseys.net/
moncler jackets, http://www.moncler.us.com/
new england patriots jerseys, http://www.newenglandpatriotsjerseys.us/
karen millen uk, http://www.karenmillendressesoutlets.co.uk/
michael kors factory outlet, http://www.michaelkorsfactoryoutlet.us.org/
coach handbags, http://www.coachhandbagsoutletonline.us.com/
cai2015914

mmjiaxin mengatakan...

air jordan 11
air max shoes
instyler ionic styler
seattle seahawks
fred perry polo shirts
arizona cardinals
winter coats
louis vuitton handbags outlet
marc jacobs
michael kors outlet
karen millen uk
beats by dre
michael kors handbags wholesale
soccer jerseys wholesale
lululemon pants
tory burch outlet online
gucci outlet
tiffany and co
golden state warriors
winter jackets
mm1112

柯云 mengatakan...

2015-12-19keyun
soccer shoes
coach outlet
discount jordans
uggs australia
louis vuitton outlet
ugg outlet
nike free 5.0
michael kors outlet
louis vuitton outlet stores
ralph lauren sale
coach outlet
ugg boots
abercrombie & fitch
nike air huarache
oakley sunglasses sale
ray-ban sunglasses
coach factory outlet online
cheap oakley sunglasses
ugg boots sale
cheap rolex watches
louis vuitton outlet stores
ugg australia
mont blanc pens
uggs boots for women
coach outlet
kobe 8
michael kors outlet
louis vuitton purses
nike air max uk
louis vuitton handbags
michaek kors
retro 11
louis vuitton purses
pandora jewelry
canada goose outlet
louis vuitton outlet
cheap air jordans
uggs on sale
the north face jackets
fitflop clearance

shengda xu mengatakan...

adidas sneakers
fake rolex watches
yeezy shoes
tory burch outlet online
mlb jerseys
coach factory outlet online
cheap oakley sunglasses
nike outlet online
moncler pas cher
yeezy shoes
xushengda0531

 
 
 

Eine Sprache ist Eine Libensform

Tulisan merupakan lambang bahasa. Bahasa mengungkapan fikiran kita. Tulisan kita dapat mencerminkan apa yang ada dalam fikiran kita. Bahkan hidup kita! Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang kita tidak punya arti apa-apa. Seringkali, hanya karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ungkapkan. Itulah maknanya bahasa dan arti penting sebuah tulisan.

Temukan Saya

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca biografi saya, koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Buku Tamu