Pengikut

Selamat Datang di Web Log "Menulis Proposal Penelitian" Untuk bergabung dan memperoleh up-date posting silakan klik Join This site. Jika ada posting yang berguna, silakan copy dengan menyebutkan sumber. Jika ada pertanyaan, silakan isikan komentar pada kolom dibawah posting. Terimakasih

Dimensi Etis dalam Penelitian Kualitatif

Selasa, Februari 05, 2013


Penelitian Kualitatif sangat menjunjung kode etik penelitian, dimana identitas partisipan hanya ditulis menggunakan kode atau inisial saja. Pertimbangan etik meliputi aspek self determination, privacy dan dignity, anonimity, confidentiality dan protection from discomfort (Polit & Hungler, 2002). Pada awal proses penelitian, peneliti melakukan proses informed consent untuk mengevaluasi kesediaan partisipan dalam berpartisipasi selama penelitian (Streubert & Carpenter, 2003). Tujuan informed consent adalah memudahkan partisipan dalam memutuskan kesediaannya mengikuti proses penelitian. 
Informed consent berisi penjelasan singkat meliputi tujuan penelitian, prosedur penelitian, lamanya keterlibatan partisipan, dan hak-hak partisipan. Sehingga berkas persetujuan untuk menjadi partisipan, paling tidak  berisi tentang 6 hal, yaitu : 1) penjelasan tujuan penelitian, partisipan diberikan penjelasan yang dapat dimengerti mengenai tujuan dan manfaat penelitian, prosedur dan teknik yang dilakukan selama proses penelitian; 2) penjelasan kemungkinan resiko dan ketidaknyamanan; 3) penjelasan manfaat potensial, manfaat dapat dijelaskan kepada partisipan sehingga dapat dijadikan pertimbangan oleh partisipan untuk mengikuti penelitian; 4) persetujuan bahwa partisipan  menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh peneliti berkaitan dengan proses penelitian; 5) persetujuan bahwa partisipan dapat mengundurkan diri kapan saja, peneliti tidak dapat memaksa atau membujuk partisipan untuk mengikuti penelitian yang betentangan dengan keinginannya; 6) jaminan anonimitas dan kerahasiaan, partisipan diyakinkan bahwa semua hasil tidak akan dihubungkan dengan mereka dan cerita mereka akan dirahasiakan.
Hak-hak partisipan dalam penelitian kualitatif

Hak self determination, artinya partisipan memiliki otonomi dan hak untuk membuat keputusan secara sadar, tidak ada unsur paksaan untuk terlibat dalam penelitian. Peneliti memberikan penjelasan tentang penelitian, selanjutnya partisipan diberikan kebebasan untuk menentukan ketersediaannya berpartisipasi atau tidak dalam penelitian ini dengan sukarela. Apabila dalam proses penelitian partisipan menyatakan keberatan maka partisipan dapat mengundurkan diri dan data yang telah tergali dari partisipan akan dimusnahkan.

Hak privacy dan dignity berarti partisipan memiliki hak untuk dihargai. Wujud prinsip privacy dan dignity dilakukan peneliti dengan meminta ijin terlebih dahulu kepada partisipan dan menjelaskan bahwa selama wawancara menggunakan tape recorder untuk dokumentasi wawancara. Partisipan dijaga kerahasiaannya dalam keterlibatan penelitian ini dengan memberikan kode pada partisipan dengan P1 (anonimity). Peneliti juga menjelaskan kepada partisipan bahwa kerahasiaan identitas dan alamat partisipan dijaga sebagai wujud penerapan prinsip confidentiality.

Peneliti juga memperhatikan prinsip kenyamanan (protection from discomfort) dengan cara memberikan kebebasan partisipan memilih tempat dan waktu wawancara agar partisipan merasa bebas dalam mengungkapkan apa yang telah dialaminya. Prinsip ini juga dilakukan dengan memperhatikan pertanyaan yang diajukan kepada partisipan dengan berusahan memberikan pertanyaan yang tidak mengganggu kenyamanan partisipan. 

Best regards,

0 comments:

 
 
 

Eine Sprache ist Eine Libensform

Tulisan merupakan lambang bahasa. Bahasa mengungkapan fikiran kita. Tulisan kita dapat mencerminkan apa yang ada dalam fikiran kita. Bahkan hidup kita! Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang kita tidak punya arti apa-apa. Seringkali, hanya karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ungkapkan. Itulah maknanya bahasa dan arti penting sebuah tulisan.

Temukan Saya

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya. Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Buku Tamu