Pengikut

Selamat Datang di Web Log "Menulis Proposal Penelitian" Untuk bergabung dan memperoleh up-date posting silakan klik Join This site. Jika ada posting yang berguna, silakan copy dengan menyebutkan sumber. Jika ada pertanyaan, silakan isikan komentar pada kolom dibawah posting. Terimakasih

Kecemasan

Senin, Juli 08, 2013

Untuk menunjang penulisan proposal penelitian, dibutuhkan tinjauan pustaka. Tinjauan pustaka berisi tinjauan atau kaajian teori. Teori yang yang dikaji adalah teori yang berhubungan dengan variabel-variabel utama penelitian. Tentang teknik bagaimana menulis Tinjauan Pustaka Penelitian, dapat dilihat pada tulisan saya yang lalu tersebut. Kali ini kita akan melakukan tinjauan teori Kecemasan.

Pengertian
Kecemasan merupakan suatu kekhawatiran yang tidak jelas dan menyebar, yang berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya (Stuart, 2007). Sumber lain mengatakan bahwa kecemasan merupakan respon individu terhadap suatu keadaan yang tidak menyenangkan dan dialami oleh semua makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari (Suliswati, 2005).

Kecemasan tidak dapat dihindarkan dari kehidupan individu dalam memelihara keseimbangan. Pengalaman cemas seseorang tidak sama pada beberapa situasi dan hubungan interpersonal. Hal yang dapat menimbulkan kecemasan biasanya bersumber dari ancaman integritas biologi meliputi gangguan terhadap kebutuhan dasar makan, minum, kehangatan, sex, dan ancaman terhadap keselamatan diri seperti tidak menemukan integritas diri, tidak menemukan status prestise, tidak memperoleh pengakuan dari orang lain dan ketidaksesuaian pandangan diri dengan lingkungan nyata (Suliswati, 2005).

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan
Beberapa faktor yang mempengaruhi kecemasan (Stuart, 2007) antara lain:

Faktor predisposisi
·         Dalam pandangan psikoanalisa kecemasan/ansietas adalah konflik emosional yang terjadi antara dua elemen kepribadian yaitu id dan Super ego. id mewakili dorongan insting dan impuls primitif, sedangkan super ego mencerminkan hati nurani dan dikendalikan oleh norma-norma budaya. Ego atau aku, berfungsi menengahi tuntutan dari dua elemen yang bertentangan tersebut, dan fungsi ansietas adalah mengingatkan ego bahwa ada bahaya.
·         Menurut pandangan interpersonal, kecemasan timbul dari perasaan takut terhadap ketidaksetujuan dan penolakan interpersonal. Kecemasan juga berhubungan dengan perkembangan trauma, seperti perpisahan dan kehilangan, yang menimbulkan kerentanan tertentu. Individu dengan harga diri rendah terutama rentan mengalami kecemasan yang berat.
·         Menurut pandangan perilaku, kecemasan merupakan produk frustasi yaitu segala sesuatu yang mengganggu kemampuan individu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pakar perilaku lain menganggap kecemasan sebagai suatu dorongan untuk belajar berdasarkan keinginan dari dalam untuk menghindari kepedihan. Ahli teori perilaku lain menganggap kecemasan sebagai suatu dorongan yang dipelajari berdasarkan keinginan dari dalam diri untuk menghindari kepedihan. Ahli teori pembelajaran meyakini bahwa individu yang terbiasa sejak kecil dihadapkan pada ketakutan yang berlebihan lebih sering menunjukkan kecemasan pada kehidupan selanjutnya. Ahli teori konflik memandang kecemasan sebagai pertentangan antara dua kepentingan yang berlawanan. Mereka meyakini adanya hubungan timbal balik antara konflik dan kecemasan. Konflik menimbulkan kecemasan, dan kecemasan menimbulkan perasaan tidak berdaya, yang pada gilirannya meningkatkan konflik yang dirasakan.
·         Kajian keluarga, menunjukkan bahwa gangguan kecemasan biasanya terjadi dalam keluarga. Gangguan kecemasan juga tumpang tindih antara gangguan kecemasan dengan depresi.
·         Kajian biologis menunjukkan bahwa otak mengandung reseptor khusus untuk benzodiazepines. Obat-obatan yang meningkatkan neuroregulator inhibisi asam gama- aminobutirat (GABA), yang berperan penting dalam mekanisme biologi berhubungan dengan kecemasan. Selain itu kesehatan umum individu dan riwayat kecemasna pada keluarga memiliki efek nyata sebagai predisposisi kecemasan. Kecemasan mungkin disertai dengan gangguan fisik dan selanjutnya menurunkan kemampuan individu unutk mengatasi stressor (Stuart, 2007).

Faktor Pencetus
Stressor pencetus dapat berasal dari sumber internal dan eksternal.
Sumber Eksternal,meliputi: (1) Ancaman terhadap integritas fisik Meliputi disabilitas fisiologis yang akan terjadi atau penurunan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.(2)Ancaman terhadap sistem diri Ancaman ini membahayakan harga diri, identitas diri dan fungsi sosial individu (Stuart, 2007).

Sumber Internal. Kemampuan individu dalam merespon terhadap penyebab kecemasan ditentukan oleh: (1) Potensi Stressor. Stressor psikososial adalah setiap keadaan atau peristiwa yang menyebabkan perubahan dalam kehidupan seseorang sehingga orang itu terpaksa mengadakan adaptasi (Smeltzer, 2001). (2) Maturitas. Individu yang memiliki kematangan akan lebih sukar mengalami gangguan akibat kecemasan, karena memiliki daya adaptasi yang lebih besar terhadap kecemasan (Smeltzer, 2001). (3) Pendidikan dan Status ekonomi. Tingkat pendidikan seseorang akan berpengaruh terhadap kemampuan berfikir, semakin tinggi tingkat pendidikan akan semakin mudah berfikir rasional dan semakin mudah menangkap informasi baru termasuk dalam menguraikan permasalahan baru (Stuart & Sundeen, 2000).

·         Keadaan Fisik. Seseorang yang mengalami gangguan fisiknya seperti cedera, operasi akan mudah mengalami kelelahan fisik sehingga lebih mudah mengalami kecemasan, disamping itu orang yang mengalami kelelahan fisik lebih mudah mengalami kecemasan (Smeltzer, 2001)

·         Tipe Kepribadian. Individu dengan tipe kepribadian A lebih mudah mengalami gangguan akibat kecemasan daripada individu dengan tipe kepribadian B. Ciri kepribadian tipe A yang melekat pada seseorang diantaranya tidak sabar, kompetitif, ambisius, ingin serba sempurna, merasa diburu-buru waktu, mudah gelisah , tidak dapat tenang, mudah tersinggung, otot-otot mudah tegang. Sedang orang dengan tipe kepribadian B mempunyai ciri-ciri sebaliknya, karena biasanya orang tersebut memiliki sifat penyabar, tenang, teliti dan rutinitas (Stuart & Sundeen, 2000).

·         Lingkungan dan Situasi. Seseorang yang berada di lingkungan asing lebih mudah mengalami kecemasan dibanding ketika berada di lingkungannya yang biasa ia tempati

·         Umur.  Usia yang lebih muda ternyata membuat seseorang lebih mudah mengalami kecemasan daripada seseorang yang lebih tua

·         Jenis Kelamin. Gangguan panik merupakan suatu gangguan cemas yang ditandai oleh kecemasan yang spontan dan episodik. Gangguan ini lebih sering dialami wanita daripada pria

Tingkat Kecemasan
Menurut Hidayat (2008) untuk mengetahui sejauh mana derajat kecemasan seseorang apakah ringan, sedang, berat atau berat sekali (panik) digunakan alat ukur (instrumen) yang disebut Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A). Adapun hal-hal yang dinilai dalam alat ukur HRS-A ini adalah:
1.      Perasaan cemas (ansietas) yang ditandai dengan cemas, firasat buruk, takut akan pikiran sendiri, mudah tersinggung.
2.      Ketegangan yang ditandai dengan merasa tegang, lesu, tidak dapat istirahat tenang, mudah terkejut, mudah menangis, gemetar, gelisah.
3.      Ketakutan ditandai dengan ketakutan pada gelap, ketakutan ditinggal sendiri, ketakutan pada orang asing, ketakutan pada binatang besar, ketakutan pada keramaian lalu lintas, ketakutan pada kerumunan orang banyak.
4.      Gangguan tidur ditandai dengan sukar masuk tidur, terbangun pada malam hari, tidur tidak nyenyak, bangun dengan lesu, mimpi buruk, mimpi yang menakutkan.
5.      Gangguan kecerdasan ditandai dengan sukar konsentrasi, daya ingat buruk, daya ingat menurun.
6.      Perasaan depresi ditandai dengan kehilangan minat, sedih, bangun dini hari, kurangnya kesenangan pada hobi, perasaan berubah sepanjang hari.
7.      Gejala somatik ditandai dengan nyeri pada otot, kaku, kedutan otot, gigi gemerutuk, suara tidak stabil.
8.      Gejala sensorik ditandai oleh tinitus, penglihatan kabur, muka merah dan pucat, merasa lemah, perasaan ditusuk-tusuk.
9.      Gejala kardiovaskuler ditandai oleh takikardi, berdebar-debar, nyeri dada, denyut nadi mengeras, rasa lemas seperti mau pingsan, detak jantung hilang sekejap.
10.  Gejala pernapasan ditandai dengan rasa tertekan atau sempit di dada, perasaan terkecik, merasa nafas pendek/sesak, sering menarik nafas panjang.
11.  Gejala gastrointestinal ditandai dengan sulit menelan, mual, perut melilit, gangguan pencernaan, nyeri lambung sebelum dan setelah makan, rasa panas di perut, perut terasa kembung atau penuh, muntah, defekasi lembek, berat badan menurun, konstipasi.
12.  Gejala urogenital ditandai oleh sering kencing, tidak dapat menahan kencing, amenorrhoe, menorrhagia, masa haid berkepanjangan, masa haid amat pendek, haid beberapa kali dalam sebulan, frigiditas, ejakulasi dini, ereksi melemah, ereksi hilang, impoten.
13.  Gejala otonom ditandai dengan mulut kering, muka merah, mudah berkeringat, pusing, sakit kepala, kepala terasa berat, bulu-bulu berdiri.
14.  Perilaku sewaktu wawancara ditandai dengan gelisah, tidak tenang, jari gemetar, mengerutkan dahi atau kening, muka tegang, tonus otot meningkat, nafas pendek dan cepat, muka merah.

Stuart (2007) membagi tingkat kecemasan menjadi empat tingkatan antara lain:

Kecemasan Ringan
Kecemasan ini berhubungan dengan ketegangan dalam kehidupan sehari-hari, kecemasan ini menyebabkan individu menjadi waspada dan meningkatkan lapang persepsinya. Kecemasan ini dapat memotivasi belajar dan menghasilkan pertumbuhan serta kreativitas. Respon fisiologis ditandai dengan sesekali nafas pendek, nadi dan tekanan darah naik, gejala ringan pada lambung, muka berkerut, bibir bergetar. Respon kognitif merupakan lapang persepsi luas, mampu menerima rangsangan yang kompleks, konsentrasi pada masalah, menyelesaikan masalah secara efektif. Respon perilaku dan emosi seperti tidak dapat duduk tenang, tremor halus pada tangan, suara kadang-kadang meningkat.

Kecemasan Sedang
Kecemasan sedang memungkinkan seseorang untuk memusatkan pada hal yang penting dan mengesampingkan yang lain sehingga seseorang mengalami perhatian yang selektif namun dapat melakukan sesuatu yang terarah. Respon fisiologis: sering nafas pendek, nadi dan tekanan darah meningkat, mulut kering, diare, gelisah. Respon kognitif : lapang persepsi menyempit, rangsangan luar tidak mampu diterima, berfokus pada apa yang menjadi perhatiannya. Respon perilaku dan emosi : meremas tangan, bicara banyak dan lebih cepat, susah tidur dan perasaan tidak enak.

Kecemasan Berat
Sangat mengurangi lahan persepsi seseorang terhadap sesuatu yang terinci dan spesifik dan tidak dapat berpikir tentang hal yang lain. Semua perilaku ditujukan untuk menghentikan ketegangan individu dengan kecemasan berat memerlukan banyak pengarahan untuk dapat memusatkan pikiran pada suatu area lain. Respon fisiologi : nafas pendek, nadi dan tekanan darah meningkat, berkeringat, ketegangan dan sakit kepala. Respon kognitif : lapang persepsi, amat sempit, tidak mampu menyelesaikan masalah. Respon perilaku dan emosi : perasaan ancaman meningkat.

Panik
Individu kehilangan kendali diri dan detail perhatian hilang. Hilangnya kontrol, menyebabkan individu tidak mampu melakukan apapun meskipun dengan perintah. Respon fisologis : nafas pendek, rasa terkecik, sakit dada, pucat, hipotensi, koordinasi motorik rendah. Respon kognitif : lapang persepsi sangat sempit, tidak dapat berpikir logis. Respon perilaku dan emosi : mengamuk dan marah, ketakutan, kehilangan kendali.


Manifestasi Kecemasan
Stuart, G. W. (2007) memberikan suatu penilaian bahwa manifestasi respon kecemasan dapat berupa perubahan respon fisiologis, perilaku, kognitif dan afektif antara lain:

Respon fisiologis
·         Respon kerdiovaskuler seperti palpasi jantung berdebar, tekanan darah tinggi, rasa mau pingsan, tekanan darah menurun, denyut nadi menurun.
·         Respon pernafasan seperti nafas cepat, nafas pendek, tekanan pada dada, nafas dangkal, pembengkakan tenggorokan, sensasi tercekik, terengah-engah.
·         Respon neuromuskuler seperti refleks meningkat, reaksi kejutan, mata berkedip-kedip, insomnia, tremor, rigiditas, gelisah, wajah tegang, kelemahan umum, kaki goyah, gerakan yang janggal. Respon gastrointestinal seperti kehilangan nafsu makan, menolak makan, rasa tidak nyaman pada abdomen, mual, rasa terbakar pada jantung, diare.
·         Respon traktus urinarius seperti tidak dapat menahan kencing, sering berkemih.
·         Respon kulit antara lain wajah kemerahan, berkeringat setempat, gatal, rasa panas dan dingin pada kulit, wajah pucat, berkeringat seluruh tubuh.

Respon perilaku
Respon perilaku seperti: gelisah, ketegangan fisik, tremor, bicara cepat, kurang koordinasi, cenderung mendapat cedera, menarik diri dari hubungan interpersonal, melarikan diri dari masalah.
·         Respon kognitif meliputi perhatian terganggu, konsentrasi buruk, salah dalam memberikan penilaian.
·         Respon afektif meliputi hambatan berpikir, bidang persepsi menurun, kreatifitas dan produktifitas menurun, bingung, sangat waspada, kesadaran meningkat, kehilangan objektifitas, takut kehilangan control, takut pada gambaran visual, takut cidera, mudah terganggu, tidak sabar, gelisah, tegang, ketakutan, tremor, gugup, gelisah.

Pengukur Kecemasan
Ada beberapa Skala atau cara pengukuran untuk mengetahui tingkat kecemasan yaitu Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A) merupakan alat ukur kecemasan yang terdiri dari 14 gejala yang masing-masing gejala di beri penilaian antara 0-4. Di Indonesia telah dikembangkan oleh kelompok Psikiatri Biologi Jakarta (KPBJ) yaitu Anxiety Analog Scale (ASS). Pada perhitungan stistik menunjukan bahwa ada korelasi yang positif antara ASS yang di buat oleh penderita dan skor HRS-A yang dibuat olrh pemeriksa. Cara pengukur ini bersifat subyektif dan merupakan ukuran kasar, tetapi bermanfaat pada pemeriksaan keadaan cemas pada penderita dengan kecerdasan cukup dan kooperatif (Sjahriati, 1990).

Menurut Hidayat (2008) alat ukur menggunkan HRS-A (Hamilton Rating Scale for Anxiety), yang terdiri dari 14 kelompok gejala, masing-masing kelompok gejala diberi penilaian antara 0-4 dengan penilaian sebagai berikut;
Nilai 0 : tidak ada gejala atau keluhan
Nilai 1 : gejala ringan
Nilai 2 ; gejala sedang
Nilai 3 : gejala berat
Nilai 4 : gejala berat sekali

Gejala kecemasan antara lain:
·         Perasaan cemas (ansietas)
·         Ketegangan
·         Ketakutan
·         Gangguan tidur
·         Gangguan kecerdasan
·         Perasaan depresi
·         Gejala somatic/fisik (sensorik)
·         Gejala somatic/fisik (sensorik)
·         Gejala kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah)
·         Gejala respiratori
·         Gejala gastrointestinal
·         Gejala urogenital
·         Geja;a autonom
·         Tingkah laku (sikap) pada wawancara

Sumber Koping

Individu dapat menangani stres dan kecemasan dengan menggerakkan sumber koping dilingkungannya. Sumber koping tersebut dapat berupa modal ekonomik, kemampuan penyelesaian masalah, dukungan sosial, dan keyakinan budaya yang dapat membantu seseorang mengintegrasikan pengalaman yang menimbulkan stres dan mengadopsi strategi koping yang berhasil (Stuart, 2007).

Mekanisme Koping

Stuart (2007) menyatakan ketika mengalami kecemasan, individu menggunakan berbagai mekanisme koping untuk mencoba mengatasinya, dan ketidakmampuan mengatasi ansietas secara konstruktif merupakan penyebab utama terjadinya perilaku patologis. Pola yang cenderung digunakan seseorang untuk mengatasi kecemasan ringan cenderung tetap dominan ketika ansietas menghebat. kecemasan tingkat ringan sering ditanggulangi tanpa pemikiran yang serius. Tingkat kecemasan sedang dan berat menimbulkan dua jenis mekanisme koping:
·         Reaksi yang berorientasi pada tugas yaitu upaya yang disadari, dan berorientasi pada tindakan untuk memenuhi secara realistik tuntutan situasi stres.
·         Mekanisme pertahanan ego membantu mengatasi kecemasan ringan dan sedang, tetapi jika berlangsung pada tingkat tidak sadar dan melibatkan penipuan diri dan distorsi realitas, maka mekanisme ini dapat merupakan respons maladaptif terhadap stres.

Mekanisme Pertahanan Ego
Stuart (2007) menyatakan bahwa mekanisme pertahanan ego meliputi:
·         Kompensasi adalah proses dimana seseorang dengan citra diri yang kurang berupaya untuk menggantikannya dengan menekankan pada kelebihan lain yang dianggapnya sebagai aset.
·         Mengingkari (denial) adalah menghindari realitas ketidaksetujuan dengan mengabaikan/menolak untuk mengenalinya.
·         Mengalihkan (desplacement) adalah mengalihkan emosi yang seharusnya diarahkan pada orang/benda tertentu /orang yang netral.
·         Disosiasi adalah pemisahan dari setiap kelompok mental.
·         Identifikasi adalah proses seseorang untuk mencoba mengagumi/seperti orang yang dikagumi.Isolasi adalah menghindari/memusnahkan komponen emosional dari pikiran yang dapat temporer/jangka panjang.
·         Rasional adalah memberi penjelasan yang diterima secara sosial dan masuk akal.

Penatalaksanaan kecemasan
·         Penatalaksanaan Farmakologi. Pengobatan untuk anti kecemasan terutama benzodiazepine, obat ini digunakan untuk jangka pendek, dan tidak dianjurkan untuk jangka panjang karena pengobatan ini menyebabkan toleransi dan ketergantungan. Obat anti kecemasan nonbenzodiazepan, seperti buspiron (Buspar) dan berbagai antidepresan juga digunakan (Isaacs, 2005).
·         Penatalaksanaan non farmakologi. Distraksi: Distraksi merupakan metode untuk menghilangkan kecemasan dengan cara mengalihkan perhatian pada hal-hal lain sehingga pasien akan lupa terhadap cemas yang dialami. Stimulus sensori yang menyenangkan menyebabkan pelepasan endorfin yang bisa menghambat stimulus cemas yang mengakibatkan lebih sedikit stimuli cemas yang ditransmisikan ke otak (Potter, 2005).

Best regards,

9 comments:

Qing Cai mengatakan...

nike foamposite, http://www.foampositeshoe.net/
swarovski crystal, http://www.swarovski.in.net/
mont blanc pens, http://www.montblancpensoutlets.com/
hermes outlet, http://www.hermesbags.co.uk/
the north face jackets, http://www.thenorthfacejacket.us.com/
swarovski outlet, http://www.swarovskioutlet.org.uk/
ray ban sunglasses, http://www.raybansunglassesonline.in.net/
cheap jordans, http://www.cheapjordans.us.org/
juicy couture outlet, http://www.juicycoutureoutlet.net/
ugg boots, http://www.uggboot.com.co/
soccer jerseys, http://www.soccerjerseys.us.com/
ravens jerseys, http://www.baltimoreravensjerseys.us/
north face jackets, http://www.thenorthface.me/
true religion canada, http://www.truereligionjeanscanada.com/
wedding dresses, http://www.weddingdressesoutlet.co.uk/
replica watches, http://www.replicawatchesforsale.us.com/
washington redskins jerseys, http://www.washingtonredskinsjersey.com/
louis vuitton handbags outlet, http://www.louisvuittonhandbags.org.uk/
dallas cowboys jersey, http://www.dallascowboysjersey.us/
supra footwear, http://www.suprashoes.us.com/
cai2015914

mmjiaxin mengatakan...

moncler jackets
miami heat
michael kors canada
hermes birkin bag
los angeles lakers
swarovski crystal
chicago blackhawks
wellensteyn outlet
nike mercurial
nike air max uk
atlanta falcons
cheap jordans
indianapolis colts
moncler outlet
hollister clothing
chicago bears
new england patriots
swarovski crystal
nfl jersey wholesale
true religion outlet
mm1112

柯云 mengatakan...

2015-12-19keyun
soccer shoes
coach outlet
discount jordans
uggs australia
louis vuitton outlet
ugg outlet
nike free 5.0
michael kors outlet
louis vuitton outlet stores
ralph lauren sale
coach outlet
ugg boots
abercrombie & fitch
nike air huarache
oakley sunglasses sale
ray-ban sunglasses
coach factory outlet online
cheap oakley sunglasses
ugg boots sale
cheap rolex watches
louis vuitton outlet stores
ugg australia
mont blanc pens
uggs boots for women
coach outlet
kobe 8
michael kors outlet
louis vuitton purses
nike air max uk
louis vuitton handbags
michaek kors
retro 11
louis vuitton purses
pandora jewelry
canada goose outlet
louis vuitton outlet
cheap air jordans
uggs on sale
the north face jackets
fitflop clearance

哒野倪 mengatakan...

20162.26linying
gucci borse
louis vuitton borse
longchamp handbags
nike uk
adidas shoes
michael kors handbags
michael kors outlet
jeremy scott shoes
mcm handbags
chaussure louboutin
louis vuitton uk
toms outlet
canada goose uk
louis vuitton outlet
christian louboutin shoes
christian louboutin outlet
air jordans
coach factory outlet
ralph lauren outlet
kate spade outlet
air jordan 8
louis vuitton outlet
micahel kors
fitflops shoes
adidas shoes uk
michael kors outlet
ed hardy outlet
nike tn
cheap uggs
sac longchamp
louis vuitton handbags
nike blazers
michael kors uk
sac longchamp
coach outlet
michael kors outlet
moncler jackets
nike store uk
mizuno running shoes
michael kors

huangqing mengatakan...

mlb jerseys
ralph lauren outlet
swarovski crystal
prada outlet
coach outlet canada
nfl jerseys
mulberry bags
cheap nba jerseys
michael kors handbags clearance
air jordan shoes
louboutin pas cher
longchamp handbags
timberland shoes
true religion jeans
kobe shoes
burberry outlet online
fitflops shoes
pandora jewelry
polo ralph lauren
ralph lauren outlet
ralph lauren polo
football shirts
true religion outlet
coach outlet online
christian louboutin shoes
tiffany jewelry
basketball shoes,basketball sneakers,lebron james shoes,sports shoes,kobe bryant shoes,kobe sneakers,nike basketball shoes,running shoes,mens sport shoes,nike shoes
cheap mlb jerseys
rolex watches
coach outlet store
hollister shirts
ray ban sunglasses
mbt shoes
hollister uk
christian louboutin shoes
16.5.30qqqqqing

Fangyaya mengatakan...

oakley sunglasses wholesale
adidas originals shoes
coach outlet online
polo ralph lauren
toms shoes outlet online
coach factory outlet
adidas stan smith
lebron james shoes
gucci outlet online
nike air jordan
toms shoes
coach outlet
oakley sunglasses
coach outlet store online clearances
timberland outlet
louis vuitton handbags
fitflops
cheap jordan shoes
christian louboutin shoes
michael kors handbags
nike air force 1
ray ban sunglasses
ghd flat iron
coach outlet store online clearances
hollister clothing store
oakley sunglasses wholesale
designer handbags
kate spade
louis vuitton outlet
kate spade
pandora jewelry
coach outlet online
gucci handbags
louis vuitton
louboutin pas cher
christian louboutin shoes
longchamp handbags
giuseppe zanotti sneakers
nfl jerseys wholesale
ralph lauren outlet
20167.28chenjinyan

Gege Dai mengatakan...

longchamp handbags
mcm outlet
cheap oakley sunglasses
herve leger dresses
longchamp handbags
babyliss flat iron
coach outlet
ugg boots on sale
burberry sunglasses on sale
michael kors outlet
kobe 9
nike mercurial
jordan 13
omega outlet
ralph lauren outlet
cheap uggs
michael kors outlet clearance
true religion jeans
mont blanc pens
nfl jersey wholesale
louis vuitton handbags outlet
nike trainers uk
nike air max 90
tory burch outlet online
iphone case
ugg outlet
michael kors outlet
true religion sale
uggs outlet
michael kors outlet clearance
cheap ugg boots
ugg australia
michael kors uk outlet
coach outlet online
adidas outlet store
0730jianxiang

Gege Dai mengatakan...

jianbin0802
versace sunglasses on sale
ferragamo shoes
ugg outlet
michael kors uk
nfl jerseys wholesale
oakley sunglasses
ugg boots
christian louboutin outlet
christian louboutin uk
ugg boots
reebok shoes
marc jacobs outlet
adidas nmd runner
polo ralph lauren
michael kors outlet
michael kors outlet clearance
michael kors outlet online
tory burch outlet online
true religion outlet uk
cartier sunglasses
tiffany and co
ray-ban sunglasses
coach outlet
ugg outlet
ray ban sunglasses
ugg uk,ugg outlet,ugg boots outlet
cheap nba jerseys
air max 90
burberry outlet
fitflops sale
michael kors handbags
cheap snapbacks
michael kors outlet online
michael kors outlet clearance

Meiqing Xu mengatakan...

puma shoes
nike air max
ed hardy
coach factory outlet
christian louboutin
louis vuitton factory outlet
nike free flyknit
coach outlet
discount nike shoes
timberland boots
oakley sunglasses outlet
cheap ugg boots
chaussure louboutin
oakley vault
burberry sale
canada goose jackets
michael kors handbags
michael kors outlet clearance
nmd adidas
hollister sale
ugg australia
ferragamo shoes
pandora outlet
prada sunglasses
birkenstock sandals
adidas nmd
mont blanc outlet
birkenstocks
canada goose outlet
versace sunglasses
oakley sunglasses
cheap ray bans
canada goose
reebok shoes
kate spade
ZHUO20160818

 
 
 

Eine Sprache ist Eine Libensform

Tulisan merupakan lambang bahasa. Bahasa mengungkapan fikiran kita. Tulisan kita dapat mencerminkan apa yang ada dalam fikiran kita. Bahkan hidup kita! Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang kita tidak punya arti apa-apa. Seringkali, hanya karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ungkapkan. Itulah maknanya bahasa dan arti penting sebuah tulisan.

Temukan Saya

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca biografi saya, koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Buku Tamu